Payakumbuh bentuk Tim Reaksi Cepat antisipasi bencana

id bpbd

Payakumbuh bentuk Tim Reaksi Cepat antisipasi bencana

Rapat pembentukan TRC PB Payakumbuh (Jen)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

"Sumbar termasuk Payakumbuh memiliki potensi bencana seperti banjir bandang, kebakaran, puting beliung dan longsor. Perlu ada TRC - PB untuk mengantisipasi potensi itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Payakumbuh Yufnani Away di Payakumbuh, Rabu.

Tim tersebut melibatkan sejumlah dinas/instansi atau lembaga teknis terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan OPD lainnya.

Pembentukan TRC tersebut nantinya akan diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Payakumbuh.

Nantinya saat terjadi bencana maka semua lembaga atau instasi yang terkait harus sama-sama ke lapangan untuk menanggulanginya.

TRC tersebut ditargetkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan aparat pemerintah dalam penanggulangan bencana.

"Penanggungalan bencana bukan hanya menjadi tanggungjawab BPBD. Melainkan semua pihak termasuk Dinkes, Dishub, Satpol PP dan Dinas terkait lainnya yang dimasukkan ke TRC-PB,"tegasnya.

Reaksi yang cepat dengan koordinasi yang baik sangat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana. Kelalaian atau keterlambatan bisa berakibat fatal, bahkan merenggut korban jiwa.

Salah seorang warga Payakumbuh, Edwar mengatakan langkah yang diambil untuk membentuk TRC PB itu sudah tepat dan harus didukung bersama-sama.

Ia yakin keberadaan tim itu akan memberikan rasa aman kepada warga kota.*