Aplaus... Sumbar nominator penghargaan Adi Bahasa 2018

id Adi Bahasa

ilustrasi - Buku Bahasa Indonesia. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masuk lima besar nominasi penerima penghargaan Adi Bahasa yang digelar setiap lima tahun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sumbar akan bersaing dengan empat provinsi lain yaitu Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Yogyakarta," kata Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Sumbar Herlinda di Padang.

Sumbar masuk kategori kota sedang, bersama 10 provinsi lain. Penilaian awal sudah dilakukan dan Sumbar masuk lima besar. Penilaian yang dilakukan diantaranya penggunaan bahasa Indonesia di luar ruang, khususnya di Kota Padang sebagai ibu kota provinsi.

Penggunaan bahasa itu dilihat dari baliho dan spanduk berisi imbauan atau sosialisasi kegiatan Pemprov Sumbar di ruang publik, kemudian penamaan gedung perkantoran di Padang.

Penilaian juga dilakukan terhadap naskah administrasi pemerintahan seperti surat keputusan gubernur, surat edaran, peraturan daerah, sampai naskah perjanjian kerja sama.

"Saat ini tim Balai Bahasa Sumbar mengumpulkan naskah yang dibutuhkan untuk diserahkan pada tim penilai dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.

Tim Badan Bahasa akan ke Padang untuk melakukan verifikasi dan penilaian akhir pada 23 Maret 2018.

Sumbar pernah mendapatkan penghargaan tersebut pada 2008 namun harus lepas pada penilaian lima tahun setelahnya yaitu 2013.

Balai Bahasa Sumbar berharap Sumbar bisa memperoleh penghargaan itu untuk 2018.

Penilaian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia di daerah diharapkan bisa menjadi pendorong bagi pemerintah daerah untuk memberikan perhatian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia salah satunya di ruang publik.

Bahasa asing tidak haram, harus dikuasai. Namun bahasa Indonesia harus diutamakan, sedangkan bahasa daerah dilestarikan," ujarnya.

Penghargaan Adi Bahasa akan diserahkan saat acara Kongres Bahasa Indonesia ke 11 di Jakarta tanggal 28 Oktober 2018.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar