Banjir 1,5 meter rendam Muntok, kata BPBD

id Bencana

Banjir 1,5 meter rendam Muntok, kata BPBD

Bencana banjir di Muntok (ilustrasi)

Pangkalpinang,(Antaranews Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat terendam banjir 0,5 hingga 1,5 meter, karena curah hujan tinggi mengguyur daerah itu.

"Saat ini tim relawan sudah diberangkatkan ke Muntok untuk mengevakuasi korban banjir," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Ahad.

Ia menjelaskan curah hujan yang tinggi pada Minggu dini hari mengakibatkan hampir seluruh desa di Kecamatan Muntok terendam banjir dengan ketinggian 0,5 hingga 1,5 meter.

Tidak hanya itu, jalan di Desa Air Putih dan jembatan Desa Kundi terputus diterjang air banjir.

"Saat ini 100 orang relawan dari tim gabungan berbagai instansi seperti BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Kota Pangkalapinang, Bangka Tengah, Tagana, Basarnas, Satpol PP sudah diterjunkan ke lokasi untuk membantu korban banjir," katanya.

Selain evakuasi korban, tim relawan juga membawa berbagai bantuan seperti makanan, pakaian dan tenda untuk meringankan beban korban banjir.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban korban banjir," katanya.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik dan datang ke posko-posko penanganan banjir untuk mendapatkan bantuan.

"Mudah-mudahan hujan segera berhenti dan masyarakat korban banjir diberikan kesabaran menghadapi bencana ini," katanya. ***