Akademisi: Legislator berkomitmen kerakyatan tinggi pantas dipilih kembali

id Legislator

Akademisi: Legislator berkomitmen kerakyatan tinggi pantas dipilih kembali

Bupati Agam Indra Catri, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra, membuka selubung 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di halaman kantor bupati itu, Sabtu (15/3). FOTO/ANTARA-SUMBAR/Yusrizal/Maril/14.

Semarang, (Antaranews Sumbat) - Legislator berkomitmen kerakyatan tinggi patut dipilih kembali pada Pemilihan Umum DPR RI dan DPRD 2019, kata Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro Semarang Teguh Yuwono.

Ketika menjawab apakah rakyat perlu memilih kembali anggota legislatif yang peduli terhadap korban bencana alam dengan memberi bantuan, Teguh kepada Antara di Semarang, Sabtu, mengatakan, "Sebetulnya itu kekeliruannya.

Menurut dia, kalau urusan rakyat, pakai duit rakyat lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Alumnus Flinders University Australia itu berpendapat bahwa apabila menggunakan uang caleg, namanya suap politik.

Anggota DPR RI/DPRD yang layak dipilih kembali, lanjut Teguh, adalah mereka yang terbukti mengalokasi APBD/APBN untuk rakyat.

"Wakil rakyat seperti itulah yang punya komitmen kerakyatan tinggi. Nah, yang seperti inilah yang dipilih kembali," kata Teguh.

Menjawab pertanyaan yang sama, Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah Iqbal Wibisono mengatakan bahwa wakil rakyat harus pandai-pandai mendengarkan, melihat dan menghayati apa yang disampaikan, apa yang terjadi dan apa yang dialami oleh rakyatnya untuk disampaikan ke pemerintah agar dapat menjadi program pembangunan.

"Jadi, rakyat tidak hanya diberdayakan atau didatangi menjelang pemilu," kata Iqbal yang pernah sebagai Ketua Komisi E (Bidang Kesra) DPRD Provinsi Jawa Tengah. ***