Pokdarwis silat tradisi siap dukung pengembangan pariwisata Padang Pariaman

id Pencak Silat

Pokdarwis silat tradisi siap dukung pengembangan pariwisata Padang Pariaman

Ilustrasi. (ANTARA TV SUMBAR)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Objek Wisata Mountain View Bukik Siriah, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat melestarikan seni bela diri silat guna mendukung Korong Lambeh sebagai desa wisata di daerah itu.

"Saat ini latihan silat tersebut bersifat swadaya yang diikuti oleh 27 pemuda Lambeh," kata Wakil Ketua Pokdawis Objek Wisata Mountain View Bukik Siriah, Asril Wandi di Sungai Geringging, Sabtu.

Ia mengatakan pada awalnya latihan tersebut dibiayai dari sumbangan pengunjung sebagai pengganti biaya masuk ketika mengunjungi Objek Wisata Mountain View Bukik Siriah.

Saat ini uang yang terkumpul dari sumbangan pengunjung objek wisata setiap bulannya mencapai Rp1 juta yang dananya digunakan untuk renovasi rumah pohon, rapat, dan operasional gontong royong.

Dengan nominal yang terkumpul sebesar itu serta saat ini bukan masa libur panjang maka jumlah uang tersebut tidak mencukupi untuk membiayai latihan silat yang dilaksanakan setiap pada malam Rabu dan malam Minggu.

Selain silat, lanjutnya pemuda di daerah itu juga mengikuti latihan tari pasambahan dan indang guna melestarikan kebudayaan Minangkabau serta mendukung Lambeh sebagai desa wisata di bidang budaya.

Semenjak latihan, pemuda-pemuda tersebut juga sering diundang untuk tampil dalam berbagai kegiatan di kecamatan itu sehingga menambah kepercayaan diri mereka dalam berlatih silat.

Adapun kegiatan yang menampilkan pemuda Lambeh baik dari segi silat, pasambahan, dan indang yaitu pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan, peresmian Pasar Sungai Geringging, dan penyambutan tamu Sapta Pesona.

Namun pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut tidak memiliki baju silat baik untuk berlatih maupun tampil sehingga ketika diundang panitia pada suatu acara untuk menampilkan kemampuannya maka mereka harus menyewanya.

"Oleh karena itu selain untuk mencari pembiayaan silat, kita sekarang juga mengupayakan untuk pengadaan baju silat dan indang," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama Pokdarwis Objek Wisata Mountain View Bukik Siriah mempersiapkan Korong Lambeh, Nagari Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging sebagai desa wisata.

Untuk menyukseskan daerah itu sebagai desa wisata, pemerintah setempat telah menetapkan 10 rumah warga sebagai penginapan yang dananya dari pokok pikiran Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat.

Keunggulan desa wisata tersebut yaitu selain alamnya yang indah, memiliki sanggar seni, dan masyarakatnya terbuka terhadap wisatawan.