Cara Polres Agam tekan kasus kecelakaan lalu lintas

id Polres Agam Cegah Lakalantas

Cara Polres Agam tekan kasus kecelakaan lalu lintas

Anggota Sat Lantas Polres Agam, memasang baliho di jalan rawan kecelakaan di Bawan, Kecamatan Ampeknagari, Kamis (8/3). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, memasang baliho imbauan keselamatan berlalu lintas di daerah rawan kecelakaan di jalan nasional menghubungkan Kota Padang menuju Pasaman Barat.

Kasat Lantas Polres Agam, AKP Syafrizal Nanim di Lubukbasung, Jumat, mengatakan baliho dengan lebar satu meter dan tinggi dua meter tersebut dipasang di Bawan Kecamatan Ampeknagari dan Tiku Kecamatan Tanjungmutiara.

"Baliho dengan isi imbauan untuk mengurangi kecepatan ini telah kita pasang pada Jumat (9/3)," katanya.

Ia mengatakan lokasi pemasangan baliho ini merupakan daerah rawan kecelakaan karena di lokasi itu kondisi jalan cukup bagus, sehingga pengendara menambah kecepatan saat melewati jalan itu.

Dengan kondisi itu, kasus kecelakaan di ruas jalan itu sangat tinggi.

"Dari data, kasus kecelakaan paling banyak di daerah itu," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pengendara agar berhati-hati saat melewati daerah itu, mengurangi kecepatan, jangan menggunakan telepon genggam saat mengendarai dan lainnya.

Selain memasang baliho di daerah rawan kecelakaan, Polres Agam juga memasang spanduk, memberikan imbauan kepada pengendara untuk mematuhi aturan lalu lintas melalui kendaraan penerangan milik Polres setempat, membagikan helm SNI, membagikan bunga dan lainnya.

"Ini dalam rangka Operasiperasi Keselamatan Singgalang pada 5-25 Maret 2018," katanya.

Selama Operasi Keselamatan Singgalang, sebutnya lebih banyak melakukan upaya pencegahan sebanyak 40 persen, teguran 40 persen dan penindakan 20 persen.

"Selagi bisa diingatkan, akan kita ingatkan. Apabila sudah melanggar aturan yang bisa beresiko terhadap keselamatan mereka dan orang lain, maka akan kita tilang," katanya.