Keinginan Presiden Jokowi pada eksistensi musik nasional

id musik

Keinginan Presiden Jokowi pada eksistensi musik nasional

Ilustrasi - Musik. (Antara)

Presiden juga berharap agar dengan diselenggarakannya Konferensi Musik Indonesia yang perdana digelar pada 7-9 Maret 2018 di Ambon, insan musik Indonesia mampu merumuskan dan memperjuangkan musik Indonesia agar terus berkembang dan diakui eksistensin
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin musik nasional eksistensinya lebih diakui keberadaannya di dunia internasional dalam upaya menyambut peringatan Hari Musik Nasional setiap 9 Maret.

"Musik kita jaga keberadaannya. Semoga eksistensi musik nasional lebih diakui keberadaannya secara global. Hidup tanpa musik terasa hambar," kata Presiden dalam cuitannya yang diunggah hari Jumat, 9 Maret 2018.

Melalui video yang disertakan dalam cuitannya itu, Presiden juga berharap agar dengan diselenggarakannya Konferensi Musik Indonesia yang perdana digelar pada 7-9 Maret 2018 di Ambon, insan musik Indonesia mampu merumuskan dan memperjuangkan musik Indonesia agar terus berkembang dan diakui eksistensinya di ranah global.

Indonesia merayakan Hari Musik Nasional setiap 9 Maret yang diketahui bertepatan dengan hari lahir salah satu pahlawan nasional, Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sama halnya dengan bangsa Indonesia yang beragam namun tetap selalu mengupayakan kerukunan dan keharmonisan, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa musik nasional juga demikian adanya.

"Berbeda selera namun tetap harmonis," sebut Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Untuk itu, di Hari Musik Nasional ini ia berharap agar musik nasional tetap dijaga keberadaannya.

Sebagaimana bidang lain, musik nasional juga rentan dari serangan musik-musik modern mancanegara.

Oleh karena itulah dibutuhkan upaya untuk tetap menjaga eksistensi musik nasional di tengah gemburan musik asing yang lebih sering tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.