Padang cari pihak ketiga bangun empat pasar tradisional tahun ini

id pasar

Padang cari pihak ketiga bangun empat pasar tradisional tahun ini

Ilustrasi kondisi pasar tradisional (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Ada beberapa pasar strategis yang perlu direvitalisasi, anggarannya dapat mencapai Rp200 miliar,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar tengah mengupayakan pihak ketiga untuk membiayai pembangunan dan revitalisasi beberapa pasar satelit atau tradisional tahun ini.

"Ada beberapa pasar strategis yang perlu direvitalisasi, anggarannya dapat mencapai Rp200 miliar," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan untuk tahun ini pihaknya fokus pada revitalisasi empat pasar satelit yakni Pasar Belimbing di Kecamatan Kuranji, Pasar Tanah Kongsi di Kecamatan Padang Barat, Pasar Simpang Haru di Kecamatan Padang Timur dan Pasar Ulak Karang di Kecamatan Utara.

Tiga pasar yakni Tanah Kongsi, Ulak Karang dan Simpang Haru tengah ditawarkan revitalisasinya kepada pihak ketiga, sejauh ini baru Pasar Ulak Karang.

Sedangkan untuk Pasar Tanah Kongsi membutuhkan anggaran Rp18 miliar untuk pembangunan kiosnya dan sedang menunggu tawaran yang masuk.

Khusus Pasar Simpang Haru yang terletak di tengah kota, dibutuhkan anggaran hingga Rp200 miliar termasuk rencana pembangunan hotel.

Di samping itu, besarnya kebutuhan anggaran ini juga untuk pembenahan lingkungan sekitar seperti pengadaan areal parkir dan jalur transportasi.

Sementara untuk Pasar Belimbing, revitalisasi telah dimulai tahun lalu dengan pembangunan satu blok pasar, tahun ini melalui APBD menganggarkan dana Rp6 miliar untuk penambahan tiga blok lainnya serta penertiban sekitar lingkungannya.

Diharapkan tahun ini masyarakat yang tinggal di Perumahan Belimbing sudah dapat menikmati berbelanja di pasar tersebut.

"Langkah ini melanjutkan revitalisasi pasar yang telah dilakukan sejak 2014 lalu," ujarnya.

Sebelum empat pasar ini, Pemkot Padang telah merevitalisasi Pasar Lubuk Buaya, Pasar Nanggalo, Pasar Bandar Buat, dan Pasar Alai.

Selain itu untuk pasar pusat yakni Pasar Raya, telah rampung empat blok pasar inpres berkonsep gedung modern yang biayanya telah menelan ratusan miliar rupiah.

Tahun ini juga tengah disiapkan revitalisasi Pasar Raya bagian fase, Merlin dan Blok A.

"Ini menjadi komitmen pemerintah dalam menindaklanjuti kebutuhan masyarakat berbelanja dan mencukupi kebutuhannya," katanya. (*)