Danlantamal Padang: prajurit jadi contoh masyarakat

id Lantamal Padang

Danlantamal Padang: prajurit jadi contoh masyarakat

Ceramah anti-narkoba dan HIV/AIDS yang digelar Lantamal Padang, Rabu (7/3). (Dokumentasi Lantamal Padang)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menegaskan bahwa prajurit harus menjadi contoh masyarakat, salah satunya harus terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Jajaran TNI khususnya Lantamal II Padang harus bersih dari seluruh tindakan penyalahgunaan narkoba, apakah itu mengonsumsi atau memperjual belikan," tegas Agus Sulaeman, di Padang, Kamis.

TNI, ujarnya seharusnya menjadi garda dan menyokong pemberantasan barang haram itu sehingga menjadi contoh tauladan bagi masyarakat.

Untuk memberi pemahaman tersebut Lantamal II Padang telah menggelar sejumlah kegiatan melalui sosialisasi dan lainnya.

Berdasarkan catatan Antara selama 2018, Lantamal telah menggelar dua kegiatan untuk mencegah penggunaan dan penyalahgunaan narkoba itu.

Pertama adalah pelaksanaan tes urine secara mendadak bagi para prajurit serta Aparatur Sipil Negara (ASN) ASN Lantamal II pada Senin (5/2).

Dari tes yang dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar itu, tidak ditemukan urine terindikasi menggunakan narkoba.

Kegiatan terbaru digelar pada Rabu (7/3), melalui ceramah tentang Narkoba dan HIV/Aids di gedung Nanggala, Mako Lantamal II.

"Kegiatan seperti ini akan bermanfaat bagi seluruh prajurit dan keluarga besar Lantamal II, agar mereka tahu seberapa besar bahaya narkoba yang sekarang memprihatinkan dan cenderung semakin meningkat," katanya.

Ceramah narkoba disampaikan oleh Penyuluh BNNP Sumbar, M Farhan, sementara ceramah tentang HIV/AIDS disampaikan dokter umum di Dinas Kesehatan Lantamal II, Letda Laut (K) dr Hendra Nuryanto.

Menurunya diperlukan strategi yang melibatkan seluruh komponen bangsa dalam suatu komitmen bersama untuk melaksanakan strategi pencegahan peredaran narkoba di tengah-tengah masyarakat.