Wabup Dharmasraya serahkan bantuan korban banjir untuk delapan keluarga di Silago

id bantuan banjir dharmasraya

Wabup Dharmasraya serahkan bantuan korban banjir untuk delapan keluarga di Silago

Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal (Kanan), didampingi Kepala Dinas Sosial Boby (Kiri) menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga korban banjir di Nagari (Desa Adat) Silago, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (8/3). (Antara Sumbar/Ilka Jensen)

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, obat-obatan, selimut. Diharapkan ini dapat meringankan beban warga
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Amrizal menyerahkan bantuan kepada korban banjir untuk delapan kepala keluaraga (KK) di Nagari (desa adat) Silago, Kecamatan IX Koto.

"Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, obat-obatan, selimut. Diharapkan ini dapat meringankan beban warga," katanya di Pulau Punjung, Kamis.

Menurut dia pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan untuk masyarakat apabila dampak banjir terus berlanjut.

"Melihat kondisi, sekarang kita serahkan kebutuhan selama tiga hari ke depan, jika masyarakat masih membutuhkan akan ditambah. Namun kondisi banjir saat ini sudah surut," katanya.

Ia mengharapkan musibah bencana alam tersebut dapat dijadikan sebagai renungan dan introspeksi diri bagi masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi bencana.

Selain itu, dia meminta kepada wali nagari (kepala desa adat) yang daerahnya rawan bajir untuk selalu berkoordiansi dengan instasi terkait agar saat bancana tiba dapat dilakukan tanggapan.

"Langsung laporkan ke kita, atau BPBD supaya dapat cepat diberi bantuan yang dibutuhkan, terutama bahan makanan bagi para korban," katanya.

Sebelumnya, Banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, pada Rabu malam (7/3) malam hingga menutup jalan penghubung antardesa dan merendam lima unit rumah warga.

"Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan IX Koto sejak Rabu sore hingga malam menjadi penyebabnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dharmasraya, Suwandi di Pulau Punjung, Kamis (7/3).

Ia menjelaskan banjir yang merendam lima unit rumah berada di Nagari (desa adat) Silago, Kecamatan IX Koto dengan ketinggian air mencapai satu meter. Sedangkan tiga titik longsor terjadi di Nagari Banai, Kecamatan IX Koto. (*)