4.000 telur asin akan dibagikan gratis pada pameran peternakan 2018 di Pesisir Selatan

id dinas peternakan

4.000 telur asin akan dibagikan gratis pada pameran peternakan 2018 di Pesisir Selatan

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

 Telur asin dari Itik Bayang yang dikenal memiliki produktivitas tinggi akan diperuntukkan secara gratis bagi perwakilan kabupaten/kota yang yang mengikuti "Livestock Expo" dan juga dibagikan secara gratis ke pengunjung
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan 4.000 butir telur asin untuk menyukseskan perhelatan "Livestock Expo" atau pameran peternakan yang akan digelar pada September 2018.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan, Rabu, menyebutkan ribuan butir telur asin itu disiapkan dengan cara menjalin kerja sama dengan empat kelompok ternak di daerah itu.

"Telur yang akan dijadikan sebagai telur asin merupakan telur yang diproduksi peternak Itik Bayang yang merupakan unggas andalan daerah kami," katanya.

Telur asin dari Itik Bayang yang dikenal memiliki produktivitas tinggi akan diperuntukkan secara gratis bagi perwakilan kabupaten/kota yang yang mengikuti "Livestock Expo" dan juga dibagikan secara gratis ke pengunjung.

Hal tersebut sebagai bentuk promosi sehingga telur asin produksi daerah setempat dikenal oleh peserta pameran.

Sesuai rencana, selain akan menyukseskan "Livestock Expo" 2018, telur asin tersebut juga akan menyukseskan Festival Langkisau pada April dan juga Jambore PKK se-Sumatera Barat yang digelar di daerah itu pada Juni 2018.

Ia menambahkan "Livestock Expo" sesuai rencana akan dilaksanakan di Pantai Sago yang merupakan salah satu objek wisata andalan daerah setempat, selain memiliki keindahan yang menakjubkan lokasi di sana juga bisa menampung ribuan pengunjung.

Kendati demikian penetapan lokasi tetap akan dipastikan oleh Dinas Peternakan Sumatera Barat dan dalam waktu dekat tim akan meninjaunya.

Penetapan Pesisir Selatan sebagai tuan rumah "Livestock Expo" 2018 diumumkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno pada saat kegiatan serupa digelar di Solok Selatan pada 2017.

Penunjukan tersebut tidak terlepas dari pelbagai prestasi yang diraih pada saat itu di antaranya Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dinobatkan sebagai Pembina Terbaik Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) 2017.

Selanjutnya, juara 1 sapi betina, juara 1 kerbau betina, juara harapan 1 kerbau jantan, juara harapan 3 Anak sapi jantan, juara harapan 3 sapi bali betina.

Berikutnya, juara 1 petugas medis, juara 1 petugas paramedis, juara 1 petugas inseminator, juara harapan 1 Kelompok Ternak Setoja Inunang Kecamatan Batang Kapas. (*)