Unand mulai sosialisasikan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri 2018

id unand

Unand mulai sosialisasikan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri 2018

Rektorat Universitas Andalas (Unand) Padang. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

SBMPTN akan mulai dibuka akhir Maret dengan mengunduh borang pendaftaran
Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar mulai melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

"Sosialisasi melalui media, langsung ke daerah dan menerima kunjungan sekolah," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Syafwardi di Padang, Selasa.

Dia menambahkan melalui sosialisasi dengan media nantinya ada jumpa pers terkait SBMPTN termasuk tata laksana, syarat dan seputar daya tampung.

Di samping itu melalui selebaran akan disebarkan ke sekolah dan pengumuman di laman resmi Unand.

Sedangkan untuk kunjungan langsung, sosialisasi telah dilakukan bersamaan dengan SNMPTN beberapa waktu lalu dan akan dilanjutkan ke daerah lain.

Sejak Januari lalu pihaknya telah berkunjung ke beberapa daerah seperti Jambi, Riau dan sejumlah kabupaten seperti Dharmasraya dan Sijunjung.

Ke depan juga akan dilakukan sosialisasi ke daerah dan SMA/SMK di Padang.

"Dalam dua bulan terakhir banyak sekolah yang datang ke Unand, ini juga menjadi momen sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru," ujar dia.

Kedatangan sekolah ke kampus ini lebih menguntungkan karena selain menjelaskan tentang SNMPTN atau SBMPTN, ini juga menjadi diskusi terkait kampus.

Bukan itu saja, sekolah juga berkesempatan bertemu sejumlah pimpinan Unand dan dapat mengenal lingkungan calon kampusnya kelak.

"SBMPTN akan mulai dibuka akhir Maret dengan mengunduh borang pendaftaran," tambah dia.

Sedangkan untuk pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dibuka 8 April 2018 secara dalam jaringan.

Ujian direncanakan pada 8 Mei 2018 secara serentak di seluruh panitia lokasi di Indonesia.

Untuk tahun ini Unand berencana mengambil kuota 40 persen mahasiswa baru dari daya tampung keseluruhan sebanyak 5.356 mahasiswa.