Ayo ikut BPJS ketenagakerjaan, banyak manfaatnya

id BPJS Ketenagakerjaan

Ayo ikut BPJS ketenagakerjaan, banyak manfaatnya

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Iman Santoso (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi mengajak warga yang beraktivitas ekonomi atau yang bekerja agar mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Siapapun warga yang beraktivitas ekonomi atau bekerja untuk memenuhi kebutuhan setiap hari agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan perlindungan dalam aktivitas," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, Iman Santoso di Bukittinggi, Selasa.

Ia mengatakan BPJS Ketenagakerjaan memiliki target kepesertaan sebesar-besarnya, artinya siapapun yang masih bekerja mesti memiliki jaminan perlindungan.

"Misalnya di Bukittinggi sangat banyak pelaku UMKM, kami ajak segeralah daftar BPJS Ketenagakerjaan," katanya

Guna membantu peningkatan kepesertaan, terutama dari pekerja informal dan UMKM atau bukan penerima upah (BPU), pihaknya menerapkan program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) sejak Februari 2018.

"Perisai ini adalah mitra yang kami rekrut untuk membantu memperluas kepesertaan, dari pusat program ini sudah ada sejak tahun lalu," katanya.

Ia menyakini penerapan program tersebut dinilai efektif karena yang menjadi mitra adalah warga yang telah mengenal dekat kondisi masyarakat di lingkungannya.

Sejak diterapkan pada Februari 2018, di wilayah-wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi sudah terdapat dua agen Perisai masing-masing satu orang di Kantor Cabang Perintis Agam dan Bukittinggi.

Di KCP lainnya yaitu Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Tanah Datar dan Lima Puluh Kota masih dalam proses.

"Saat ini baru merekrut tiga peserta, namun pengenalan program-program di BPJS Ketenagakerjaan tetap berjalan secara perlahan karena contohnya di Bukittinggi para pedagang terkena musibah kebakaran tahun lalu," katanya.

Dengan menjadi peserta ia mengatakan manfaat akan didapatkan saat program berjalan berupa perlindungan selama jadi peserta.

"Aktivitas kerja sebagai pedagang bukan berarti tanpa resiko, karena itu segera daftar karena prosesnya mudah bisa melalui agen Perisai atau ke kantor kami," katanya.