Harga bawang putih di Kota Padang naik lagi, ini kata pedagang (video)

id bawang putih

Harga bawang putih  di Kota Padang naik lagi, ini kata pedagang (video)

Bawang putih. (Antara) ()

Padang (Antaranews Sumbar) - Harga bawang putih di Pasar Raya Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat mengalami kenaikan sebesar Rp12.000 per kilogram karena berkurangnya pasokan ke pedagang setempat.

Para pedagang di Pasar Raya Kota Padang, Senin, menyebutkan harga bawang putih sepekan sebelumnya Rp20.000 per kilogram dan kini naik menjadi Rp32.000 per kilogram.

"Harga bawang putih mulai naik sejak awal Maret 2018. Sebagian bawang putih itu didatangkan dari Thailand, selain dari petani lokal dan luar Sumbar," kata Marni (37), pedagang di Pasar Raya Kota Padang.

Sementara harga bawang merah lokal juga mengalami kenaikan. Misalnya bawang merah lokal berukuran kecil sebelumnya Rp8.000 per kilogram, dan kini naik menjadi Rp13.000 per kilogram.

Sementara harga bawang merah berukuran besar (jumbo) menjadi Rp20.000 per kilogram dari sebelumnya Rp18.000 per kilogram.

"Kenaikan harga bawang merah itu juga dikarenakan pasokan terbatas, menyusul cuaca yang cenderung tidak menentu dari daerah sentra produksi yakni dari Kabupaten Solok," Marni menambahkan.

Sementara salah seorang pembeli Yanti (43) mengharapkan harga bahan pokok tetap stabil.

"Ya kalau bisa harga tetap stabil saja, kalaupun terjadi kenaikan diharapkan tidak signifikan karena itu akan memberatkan masyarakat," kata dia.