Ada pelatihan kerja gratis bagi warga Padang Pariaman

id pelatihan kerja

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Padang PariamannNurhelmi. Antara Sumbar/Aadiat M.

Parit Malintang,Sumbar 3/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja ( UPT BLK) setempat akan melaksanakan 31 kali pelatihan dari 15 jenis paket selama 2018

"Pelatihan tersebut gratis dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI," kata Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Padang Pariaman, Nurhelmi di Parit Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan dengan adanya dana dari pemerintah pusat tersebut pihaknya merasa terbantu karena saat ini Pemkab Padang Pariaman mengalami kekurangan anggaran untuk melaksanakan kegiatan itu.

Karena kekurangan anggaran tersebut maka pihaknya juga tidak bisa menyelenggarakan bursa kerja yang berkerja sama dengan perusahaan baik negeri maupun swasta.

"Oleh karena itu saya mendorong peserta pelatihan untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga kami bisa merekomendasikan ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidangnya," katanya.

Bagi peserta yang tidak diterima oleh perusahaan, lanjutnya diminta untuk bekerja pada usaha kecil menengah guna menambah ilmu dan pengalaman mereka.

"Kalau sudah memiliki pengalaman dan modal maka kita dorong untuk membuka usaha sendiri," ujarnya.

Ia menyebutkan 15 jenis latihan kerja tersebut yaitu technical support, teknisi audio video, telepon seluler, instalasi (Penerangan), instalasi tenaga, teknisi AC, dan juru las karbit.

Lalu juru listrik smaw, furniture, mekanik mobil, mekanik sepeda motor, operator (Pembuatan Sprey dan Bed Cover), operator Jahit (Pakaian Dasar), operator Basic (Office), dan pertanian.

?Dari 31 kali pelaksaan tersebut, saat ini sudah berlangsung lima paket pelatihan. Tiga paket institusional diselenggarakan di BLK dan dua paket non institusional diselenggarakan di kantor wali nagari,? ujar dia.

Masing-masing jenis pelatihan hanya untuk 16 peserta dan masa latihan mulai dari 30 hari sampai 1,5 bulan tergantung jenis pelatihan yang diikuti peserta.

Syarat untuk mengikuti pelatihan tersebut yaitu antara lain masih dalam usia produktif. Pada saat pendaftaran calon peserta melampirkan fotokopi KTP dan kartu keluarga, fotokopi ijazah terakhir dan pasfoto 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Bagi warga Padang Pariaman yang berminat dapat segera mendaftar ke UPT BLK Padang Pariaman di Jalan Sam Ratulangi Nomor 30 Kampung Baru, Kota Pariaman.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar