Legislator : ekonomi kerakyatan jati diri Indonesia

id MPR

Legislator : ekonomi kerakyatan jati diri Indonesia

Anggota MPR RI Hermanto saat sosialisasi empat pilar. Antara Sumbar/istimewa.

Padang, (Antaranews Sumbar ) - Anggota MPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat Hermanto menegaskan tujuan ekonomi Indonesia dalam perspektif Pancasila adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Substansi tujuan ekonomi menurut Pancasila adalah kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, praktiknya dijelaskan oleh Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yaitu segala sumber-sumber ekonomi yang penting dan strategis dikuasai oleh negara dan dikelola dengan asas kekeluargaan," kata dia di Padang, Jumat malam di hadapan 150 orang peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR .

Menurutnya praktik ekonomi tersebut mempersempit ruang kesenjangan dan menghindari dominasi kapitalisme dan liberalisme dalam pengelolaan sumber ekonomi strategis.

Ia memaparkan UUD 1945 Pasal 33 ayat 4 menjelaskan ciri ekonomi kerakyatan yaitu demokratis, kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian dan keseimbangan.

"Dengan ciri ekonomi seperti itu, maka setiap kebijakan pemerintah, harus memastikan implementasi program pembangunan ekonomi berlangsung secara berkelanjutan dan menjamin tidak terjadi eksplorasi alam yang dapat merusak lingkungan hidup," katanya.

Ia mengatakan hal itu merupakan implementasi ekonomi menuju pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hermanto berharap bangsa Indonesia mampu bertahan dengan jati dirinya tersebut di tengah tantangan ekonomi global yang mengembuskan liberalisme ekonomi.

"Bangsa Indonesia harus bisa menghadapi tantangan ekonomi global tersebut dengan memegang teguh kemandirian dan berdaulat dalam politik ekonomi untuk menjamin hidup, tumbuh dan berkembangnya ekonomi rakyat serta hak-hak asasi manusia," katanya.