Inilah rumah makan yang menawarkan sensasi bersantap di atas kapal

id rumah makan kapal

Inilah rumah makan yang menawarkan sensasi bersantap di atas kapal

Inilah rumah makan kapal The Pinang Cafe di Painan. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Kapal ini selesai dibuat sekitar dua pekan lalu dan sejak itu rumah makan kami semakin ramai bahkan peningkatan omset mencapai 100 persen
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pengusaha rumah makan The Pinang Cafe di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menawarkan sensasi bersantap pelbagai hidangan di atas kapal tanpa khawatir mabuk laut.

"Kapal ini selesai dibuat sekitar dua pekan lalu dan sejak itu rumah makan kami semakin ramai bahkan peningkatan omset mencapai 100 persen," kata pengusaha rumah makan The Pinang Cafe, Rosliani di Painan, Jumat.

Biasanya omset rumah makan hanya sekitar tiga sampai empat jutaan per harinya namun semenjak kapal tersebut selesai dibuat omset meningkat menjadi enam sampai delapan jutaan.

Kapal yang menjadi daya tarik pengunjung tersebut, dibuat secara permanen di sisi rumah makan dan bukan untuk berlayar sehingga pengunjung yang mabuk laut tidak perlu khawatir menaikinya.

Pada kapal yang memiliki panjang lebih kurang 20 meter itu terdapat bangku dan meja yang bisa digunakan sebagai tempat bersantap.

Menurutnya, semenjak kapal yang lengkap dengan jangkarnya tersebut selesai, banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai lokasi berswafoto.

Ide membuat kapal muncul sepulang ia berkunjung dari rumah saudaranya di Provinsi Jambi yang waktu itu ia melihat sebuah rumah makan yang menyediakan kapal sebagai tempat pengunjungnya bersantap.

"Karena Painan berdekatan dengan laut dan terkenal dengan pariwisata kebahariannya akhirnya saya dan keluarga sepakat untuk melakukan hal serupa dan alhamdulillah dampaknya cukup luar biasa," ujarnya.

Kendati populer namun harga makanan di rumah makan The Pinang Cafe cukup terjangkau dan yang paling mahal hanya Rp18 ribu per porsi.

Selain nasi goreng spesial, di sana juga terdapat sajian nasi goreng sea food, pelbagai minuman ringan dan menu menarik lainnya.

Pihak rumah makan juga menyediakan daftar menu lengkap dengan harganya sehingga pengunjung bisa menyesuaikan kemampuan kantong dengan menu makanan yang akan disantap.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pesisir Selatan Wendra Rofikto menyebutkan kreasi yang dimunculkan oleh pelaku usaha tersebut akan semakin mempopulerkan daerah itu sebagai daerah destinasi wisata.

"Hal tersebut cukup baik, dengan semakin populernya Rumah Makan The Pinang Cafe tentu akan berdampak ke kunjungan wisatawan ke objek wisata terdekat seperti Pantai Carocok Painan, Puncak Langkisau dan lainnya," sebutnya. (*)