619 keluarga penerima manfaat di Solok terima PKH

id penyerahan PKH

619 keluarga penerima manfaat di Solok terima PKH

Wakil Wali Kota Solok, Reinier memberikan bantuan kepada Keluarga Penerima manfaat. (Antaranews Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 619 keluarga penerima manfaat di Kota Solok, Sumatera Barat, telah menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap pertama pada Kamis.

Wakil Wali Kota, Reinier di Solok menjelaskan bahwa PKH merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan yang diharapkan mensejahteraan masyarakat.

"Sebagaimana kita ketahui bersama PKH merupakan salah satu program andalan Kementerian Sosial dan juga pemerintahan daerah khususnya melalui dinas sosial dalam peningkatan kesejahteraan sosial di Kota Solok," ujarnya saat penyerahan bantuan tersebut.

Kedudukan PKH merupakan bagian dari program penanggulangan kemiskinan yang berada dibawah koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK).

Bagi masyarakat yang ingin berusaha dana bantuan dapat dijadikan modal usaha. Masyarakat juga dapat meminta bantuan dana dan arahan kepada baznas setempat, sebutnya.

Baca juga: 17.615 KPM di Agam cairkan dana PKH tahap pertama

Wawako berharap melalui program pro kemiskinan yang dilaksanakan dapat menekan angka kemiskinan di Kota tersebut dan tentunya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Solok Rosavella menyampaikan bahwa penyerahan yang dilaksanakan merupakan tahap satu pada 2018 yang diberikan kepada 362 KPM di Kecamatan Lubuk Sikarah dan 257 KPM untuk Kecamatan Tanjung Harapan.

"Untuk data penerima diperoleh dari Kementerian Sosial RI yang telah divalidasi oleh pendamping PKH," ujarnya.

Bantuan ini diberikan sesuai dengan kategorinya yang telah ditentukan, uang tunai Rp2 juta bagi lansia dan disabilitas, dan uang tunai Rp1,89 juta per KK, untuk KPM yang ada Bumil/SD/SMP/SMA.

"Bantuan diberikan dalam empat tahap," ujarnya. (*)