KONI Sumbar sepakat dengan pemerintah daerah dalam penyediaan sarana prasarana olahraga

id Syaiful

KONI Sumbar sepakat dengan pemerintah daerah dalam penyediaan sarana prasarana olahraga

Ketua Umun KONI Sumbar Syaiful. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Kami bersama pemerintah 19 kabupaten dan kota telah menandatangani kesepahaman terkait potensi pengadaan sarana prasarana serta pemetaan pusat pembinaan cabang olahraga
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful mengatakan KONI bersama pemerintah daerah telah menyepakati kesepahaman dalam penyediaan sarana prasarana olahraga.

"Kami bersama pemerintah 19 kabupaten dan kota telah menandatangani kesepahaman terkait potensi pengadaan sarana prasarana serta pemetaan pusat pembinaan cabang olahraga," ujarnya di Padang, Kamis.

Sebelum ini kata Syaiful beberapa daerah telah konsisten dalam menyediakan sarana prasarana olahraga, sebagai contoh pemkab Dharmasraya yang telah membangun Stadion Dharmasraya yang berkapasitas 15.000 orang tersebut.

Stadion tersebut telah digunakan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada 2014.

Kemudian selain stadion dan GOR Dharmasraya , Pemkab Tanah Datar juga tengah mengupayakan penggunaan kembali Stadion Gumarang di Batusangkar.

Selain itu saat ini Pemkab Pasaman Barat tengah merancang pembangunan stadion di kawasan Padang Tujuah.

Bila rampung stadion tersebut akan bertaraf internasional dan akan disiapkan untuk gelaran Porprov 2020.

"Sarana yang ada dan akan dibangun juga telah disepakati oleh masing-masing pemda untuk rencana ajang yang lebih besar," kata dia.

Dia menambahkan keputusan Sumbar ikut bersaing untuk menjadi pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 menjadikan kesepakatan tersebut harus segera direalisasikan.

Beberapa sarana olahraga prioritas seperti GOR Agus Salim di Padang, dan GOR Sikabu di Padang Pariaman juga akan dirampungkan renovasi serta pembangunannya.

Untuk GOR Agus Salim pihaknya terus mendorong pengelola dan pemilik dalam melakukan renovasi beberapa sarana prasarana yang dinilai tidak layak.

Di samping itu juga mendorong pengcab untuk memelihara sarana prasarana tersebut.

Sedangkan untuk GOR Sikabu, dari rencana awal pembangunan disiapkan untuk Porprov tahun ini akan tetapi bergantung pada anggaran yang masuk.

Diharapkan rencana GOR Sikabu yang salah satunya Stadion Utama Sumbar dapat terealisasi secepatnya.

Sementara itu Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Rasydi Sumetri menyebutkan pembangunan GOR di Sikabu dianggarkan sebesar Rp75 Miliar.

Dari rencana yang ada nantinya, stadion di kawasan tersebut menjadi pusat dari olahraga yang ada di Sumbar di samping GOR Agus Salim.

Saat ini GOR Agus Salim masih menjadi pusat pelatihan beberapa cabang olahraga di Sumbar, yang mana pengelolaannya saat ini dilaksanakan oleh Pemkot Padang. (*)