Antisipasi bencana di musim penghujan, ini yang dilakukan BPBD Jambi

id banjir longsor

Antisipasi bencana di musim penghujan, ini yang dilakukan BPBD Jambi

Banjir dan longsor (Foto Antara Sumbar/Donal Caniago)

Kami tetap waspada dengan kemungkinan bencana banjir dan longsor karena masih tingginya intensitas hujan di wilayah Jambi
Jambi, (Antaranews Sumbar) - Dalam mengantisipasi bencana di musim penghujan yang masih melanda wilayah Provinsi Jambi, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah itu siaga 24 jam.

Kami tetap waspada dengan kemungkinan bencana banjir dan longsor karena masih tingginya intensitas hujan di wilayah Jambi, kata Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Desliansyah di Jambi, Kamis.

"Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masih terjadi hujan hingga beberapa pekan ke depan. Untuk itu masyarakat Jambi diminta untuk waspada dan kita tetap siaga," tambahnya.

Saat ini kata Bachyuni, di Kantor BPBD Provinsi Jambi disiagakan tiga regu berkeahlian khusus terdiri dari 15 orang. Mereka siaga 24 jam menanggulangi bencana dengan pembagian delapan jam kerja.

Selain itu, peralatan penanggulangan bencana cepat seperti dua unit perahu, tiga unit tenda peleton, dan satu unit dapur umum miliki BPBD juga disiagakan dalam upaya penanganan dini bencana.

Kemudian untuk logistik, Bachyuni mengatakan dalam penanganan dini BPBD Provinsi Jambi juga memliki stok sembako yang siap disalurkan ketika ada daerah yang terdampak bencana.

"Kita punya 100 paket sembako dan siap disalurkan kepada daerah yang terdampak bencana," katanya.

Saat ini di beberapa daerah di Jambi memang ada yang tengah mengalami bencana banjir, seperti di Kabupaten Bungo. Namun kata Bachyuni masih dapat ditangani oleh pemerintah daerah setempat.

"Jika ada laporan bencana dan provinsi dibutuhkan, kita siap untuk turun langsung," tegasnya.

Sementara terkait ketinggian air Sungai Batanghari, kata Bachyuni saat ini dalam keadaan aman atau masih dalam keadaan normal.