SBY jadi juru kampanye pasangan Khofifah-Emil di Madiun

id SBY

SBY jadi juru kampanye pasangan Khofifah-Emil di Madiun

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Antara)

Madiun, (Antaranews Sumbar) - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi juru kampanye (jurkam) untuk memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak yang merupakan jago dari Partai Demokrat di ajang Pilkada Jatim 2018.

Dalam kegiatan kampanye terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Madiun nomor urut 1 Ahmad Dawami Ragil Saputra-Hari Wuryanto (Berkah) di Desa Sendangrejo, Kabupaten Madiun, Senin malam, SBY mengajak masyarakat Kabupaten Madiun untuk bersatu memenangkan pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Dardak.

"Warga Kabupaten Madiun jangan lupa untuk memilih nomor 1. Nomor satu untuk Pilkada Jawa Timur pasangan Khofifah-Emil dan nomor satu untuk Pilkada Kabupaten Madiun yakni pasangan Ahmad Dawami-Hari Wuryanto (Berkah)," ujar SBY dalam sambutannya.

Adapun kedatangan Presiden Ke-6 RI tersebut didampingi sang istri Ani Yudhoyono serta Putranya Edhi Baskoro Yudhoyono. Hadir pula, calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta sejumlah pengurus partai pengusung dan tim pemenangan.

Rombongan tersebut disambut oleh atraksi pencak silat seni yang menjadi salah satu unggulan budaya asli Kabupaten Madiun.

Dalam kesempatan tersebut, SBY mengatakan pencak silat di Madiun harus dilestarikan sebagai peninggalan budaya. Pencak silat merupakan karakter bangsa dan membantu menjaga keamanan.

"Saya bangga Madiun punya banyak pendekar silat. Karenanya, Madiun harus aman menjelang pilkada serentak Juni mendatang," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Khofifah. Ia akan memajukan pencak silat karena hal itu sudah masuk dalam sembilan program yang dijanjikannya jika terpilih.

"Pencak silat menjadi salah satu dari sembilan program unggulan saya, jika terpilih nanti," kata Khofifah.

Menurut dia, keberadaan pencak silat merupakan bagian dari budaya Mataraman yang menjadi penyatu Jawa Timur yang guyub rukun dan harus dilestarikan.

Sementara itu, calon Bupati Madiun Ahmad Dawami dari Partai Demokrat berterima kasih atas kedatangan SBY dan Khofifah dalam kampanye terbukanya.

"Insya Allah, kami yang punya nomor urut sama dengan pasangan calon gubernur akan membawa berkah untuk Jawa Timur dan Kabupaten Madiun," kata Ahmad Dawami.

Kedatangan SBY bersama rombongan memang untuk memenangkan calon yang diusung Partai Demokrat, baik di Pilkada Jawa Timur maupun kota/kabupaten. SBY bersafari dari Tulungagung, Magetan dan Madiun untuk menjadi jurkam. (*)