Rektor UNP: Aktivis mahasiswa harus lahirkan pemikiran konstruktif

id Aktivis mahasiswa unp sumbar,Dprd

Rektor UNP: Aktivis mahasiswa harus lahirkan pemikiran konstruktif

Ketua DPRD Sumbar pukul gong pertanda dibuka Munas FL2MI ke X (Ist)

Jadi, yang perlu mahasiswa pikirkan bagaimana aktif dalam organisasi ekstra kurikuler, tapi bisa menyelesaikan masa studi tepat waktu, dan jangan menjadi mahasiswa abadi
Padang (Antaranews Sumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, M.Pd, Ph.D mengingatkan para aktivis mahasiswa untuk melahirkan pemikiran yang konstruktif dengan melihat kenyataan yang ada saat ini.

Hal ini disampaikan Rektor UNP saat memberi sambutan pada pembukaan Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) ke X, Senin.

Ratusan mahasiswa dengan beragam warna jaket almamater perguruan tinggi dari Sabang hingga Merauke berkumpul di Universitas Negeri Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Rektor, semoga Munas FL2MI bisa melahirkan pemikiran-pemikiran konstruktif karena saat ini bangsa sedang mengejar ketertinggalan dalam berbagai aspek di antaranya sumber daya manusia.

Kemudian yang tak kalah pentingnya perlu diingat dan patut disadari oleh para mahasiswa, bahwa bangsa ini jadi sasaran peredaran narkoba, termasuk di Sumatera Barat.

Melihat dari hari ke hari, kejadian terus meningkat baik dari aspek jumlah pemakai dan pengedar.

"Jadi mahasiswa bukan hanya aksi saja, tapi perlu lihat kondisi riil yang bisa dikontribusi oleh mahasiswa. Saat ini bangsa ini dpt dikatakan darurat narkoba," katanya.

Selanjutnya FL2MI dalam melahirkan aturan organisasi kemahasiswaan perlu dicermati secara baik, misalnya masa periode dan persyaratan untuk menjadi Presiden Mahasiswa (Presma).

Selama ini syarat harus semester delapan, sementara kuliah strata satu hanya delapan semester. Tentu berpeluang siapa mahasiswa yang terpilih tidak bisa menyelesaikan stadinya tepat waktu.

Jadi, yang perlu mahasiswa pikirkan bagaimana aktif dalam organisasi ekstra kurikuler, tapi bisa menyelesaikan masa studi tepat waktu, dan jangan menjadi mahasiswa abadi.

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, menjadi aktivis harus kritis tetapi yang memberi nilai konstruktif untuk kepentingan bangsa ini.

Ia juga prihatin, belakangan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan kian berkurang tingkat kritis, bahkan cenderung terbela.

Maka mahasiswa yang aktif sekarang untuk memgajak dan merangkul mahasiwsa untuk aktif beroraganisasi intra kampus maupun ekstra.

"Lahirkan pikiran yang jernih untuk tingkat daerah maupun nasional. Jadi generasi yang ikut mencegah berkembangnya penyakit yang dapat merusak generasi bangsa," ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar dipercaya untuk memukul gong sebagai dibukanya Munas FL2MI ke X mulai 26 Februari hingga 3 Maret 2018 di UNP.***