Bupati Pesisir Selatan inginkan program kerja perangkat daerah terverifikasi

id Forum Perangkat Daerah

Bupati Pesisir Selatan inginkan program kerja perangkat daerah terverifikasi

Suasana Forum Perangkat Daerah 2018 yang dihadiri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Terverifikasi maksudnya adalah penting, layak secara teknis dan selaras dengan visi dan misi kepala daerah
Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menginginkan program kerja perangkat daerah pada 2019 merupakan yang telah terverifikasi dengan baik sehingga hasilnya tepat sasaran.

"Terverifikasi maksudnya adalah penting, layak secara teknis dan selaras dengan visi dan misi kepala daerah," katanya saat membuka Forum Perangkat Daerah 2018 yang dihadiri seluruh pejabat daerah setempat di Painan, Senin.

Karena itu ujarnya, jika usulan yang tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan kecamatan yang dilaksanakan tahun ini dilaksanakan semua tentu tidak akan efektif, selain karena keterbatasan anggaran program kerja juga tidak akan terarah.

"Usulan yang tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan kecamatan memang merupakan cikal bakal dari kegiatan perangkat daerah pada 2019, kendati demikian tentu harus diverifikasi," katanya.

Ia juga menyebutkan agar kegiatan yang dirumuskan dalam Forum Perangkat Daerah 2018 dan yang selanjutnya akan dibahas di musyawarah rencana pembangunan kabupaten yang dilaksanakan dalam waktu dekat dimasukkan ke dalam aplikasi "E-Planning" atau perencanaan berbasis elektronik.

Hal tersebut dengan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017, ujarnya.

"Kedepan tidak ada program kerja yang naik di jalan, seperti halnya terjadi sebelum keluarnya Permendagri Nomor 86 tahun 2017. Jadi Forum Perangkat Daerah 2018 dan musyawarah rencana pembangunan kabupaten harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Hendrajoni.

Pada kesempatan itu ia berpesan agar para pejabat baik kepala perangkat daerah, camat dan yang terkait tidak meninggalkan ruangan hingga acara tersebut berakhir.

Hal itu dimaksudkan agar kegiatan berjalan dengan hasil maksimal serta mampu melahirkan program kerja yang handal untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain dihadiri sekretaris kabupaten dan 45 kepala perangkat daerah, kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Pesisir Selatan, Aprial Habas. (*)