Ini upaya Pemkot Padang tingkatkan sekolah ramah anak di tingkat SD dan SMP

id siswa sd

Ini upaya Pemkot Padang tingkatkan sekolah ramah anak di tingkat SD dan SMP

Ilustrasi - Siswa sekolah dasar. (cc)

Upaya peningkatan ini dengan inisiasi sekolah ramah anak kepada kepala sekolah dan pengelola sekolah lainnya
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, fokus meningkatkan sekolah ramah anak di tingkat SD dan SMP guna mewujudkan perlindungan dan penghargaan atas pendidikan.

"Upaya peningkatan ini dengan inisiasi sekolah ramah anak kepada kepala sekolah dan pengelola sekolah lainnya, " ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Padang, Heryanto Rustam di Padang, Senin.

Dia menyebutkan Kota Padang telah melakukan inisiasi sekolah ini sejak 2016 dengan melibatkan 30 sekolah.

Hasilnya yang dinyatakan layak baru SMPN 11 Padang di Kecamatan Lubuk Begalung.

Tahun ini inisiasi sekolah ramah anak akan diperkuat dengan melibatkan tenaga pengajar, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan.

Upaya ini bertujuan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan anak di sekolah akan pendidikan, mengingat saat ini ada kasus diskriminasi siswa dan tindakan semena-mena.

"Dengan adanya sekolah ramah anak, tidak hanya harmonisasi antar siswa dan guru namun juga berdampak penguatan kualitas sekolah, " ujarnya.

Pada minggu lalu sebanyak 50 orang diberi pelatihan untuk konvensi hak anak dan guru ramah pada siswa.

Sasaran akhirnya menjadikan seluruh sekolah di Padang menjadi pilihan dalam membentuk karakter anak atau siswa dengan cara menunjukkan keramahan. (*)