Pelatih sepak bola Indra Sjafri motivasi guru olah raga dan siswa di Bukittinggi

id Indra Sjafri

Pelatih sepak bola Indra Sjafri memberikan motivasi dan "coaching clinic" bagi guru olahraga dan siswa SD dan SMP di Bukittinggi, Jumat (23/2). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Sepak bola punya fungsi besar bila bisa dikelola dengan baik
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Pelatih sepak bola Indra Sjafri memberikan motivasi dan pelatihan singkat bagi guru olah raga dan siswa SD serta SMP di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

"Sepak bola punya fungsi besar bila bisa dikelola dengan baik," katanya di Bukittinggi, Jumat.

Dalam arahannya, Indra mengatakan sepak bola dapat menyiapkan generasi sehat secara jasmani dan rohani serta mengajarkan nilai sportivitas, kedisiplinan dan persatuan.

Ia memberi contoh dua generasi pesepakbola U19 yaitu Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri yang sukses berprestasi di olahraga tersebut.

"Timnas era Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri berhasil menyumbang prestasi dan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia juga punya bakat hebat di sepak bola," katanya.

Selain itu hampir semua pesepakbola di dua generasi itu bermain di liga utama hingga luar negeri.

Lewat berolahraga, khususnya sepak bola, menurutnya juga akan membantu siswa terhindar dari tindakan atau sifat negatif lewat nilai-nilai disiplin maupun sportivitas yang terkandung dalam olah raga.

Bagi para guru olah raga, ia mengingatkan agar menyiapkan dan merancang bahan ajar secara teratur mulai dari tahap kognitif, asosiatif hingga otomatisasi.

"Kita butuh lebih banyak Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri selanjutnya, karena itu sepak bola mesti menjadi perhatian bagi pemerintah di daerah dan para orang tua," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan kehadiran Indra Sjafri memberikan motivasi dan diharapkan menumbuhkan semangat berolahraga khususnya sepak bola di kalangan para siswa.

"Sepak terjang beliau di sepak bola sudah mengharumkan nama Indonesia, semoga para siswa juga terdorong agar giat berolahraga," katanya.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar