6.287 hektare kebun sawit Sumbar bakal diremajakan

id kelapa sawit

6.287 hektare kebun sawit Sumbar bakal diremajakan

Perkebunan kelapa sawit.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan program replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit seluas 6.287 hektare pada 2018. Peremajaan tersebut bakal dilaksanakan di tiga kabupaten, yakni Pasaman Barat, Pesisir Selatan dan Dharmasraya.

"Kami sedang mendata petani yang akan menerima bantuan dari program pemerintah pusat itu," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan setempat, Candra di Padang, Jumat.

Tiga daerah di "Ranah Minang" sebagai lokasi replanting kebun kelapa sawit itu yakni Kabupaten Pasaman Barat dengan lahan seluas 2.581 hektare, Pesisir Selatan 1.507 hektare dan Dharmasraya seluas 2.199 hektare.

Saat ini, jelasnya sedang dilakukan kegiatan melengkapai persyaratan penerima bantuan seperti identitas petani, luas kebun, titik koordinat dan bukti kepemilikan di masing-masing kabupaten.

"Setelah persyaratan itu lengkap, kemudian tim khusus `replanting` melakukan pengecekan dan merekap data, kemudian dikirim ke provinsi untuk dievaluasi," katanya.

Selanjutnya data-data tersebut dikirim ke pusat untuk diusulkan dalam peremajaan kelapa sawit dengan menggunakan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Kegiatan ini akan dicairkan dananya di bulan Oktober 2018 setelah seluruh persyaratan dipenuhi dan akan mendapatkan bantuan Rp25 juta per hektare," sebutnya.

Ia berharap dengan peremajaan kebun kelapa sawit dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani sawit.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, peremajaan tanaman kelapa sawit sangat diutamakan agar produksi terus meningkat.

"Apalagi, sekarang ini kondisi perkebunan kelapa sawit sudah banyak yang tua sehingga perlu diremajakan," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah membantu meremajakan kelapa sawit yang dilaksanakan saat ini, antara lain memberikan bibit unggul dan sertifikat lahan agar masyarakat nyaman dalam berusaha.

Kementerian Pertanian juga menyiapkan bibit jagung dan kedelai sehingga dapat ditanam di sela sela perkebunan kelapa sawit.