Penelitian : Pengguna internet dari kaum ibu di Indonesia mencapai 25 persen

id internet

Penelitian : Pengguna internet dari kaum ibu di Indonesia mencapai 25 persen

Wanita pengguna internet. (FOTO ANTARA SUMBAR/ Arif Pribadi)

Kaum ibu gunakan internet untuk mencari tiga hal yakni kehamilan, memiliki bayi dan cara mendidik anak
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Berdasarkan hasil penelitian Google bersama Kantar Worldpanel menunjukan satu dari empat pengguna internet di Indonesia atau 25 persen merupakan seorang ibu dari sebanyak 60 persen masyarakat Indonesia terhubung dengan internet pada 2018.

Kaum ibu gunakan internet untuk mencari tiga hal yakni kehamilan, memiliki bayi dan cara mendidik anak, ujar Analis industri Google Indonesia, Ariani Dwijayanti di Jakarta, Kamis.

Pencarian konten tentang mendidik anak di Google dan Youtube di Indonesia meningkat 26 persen pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya dan waktu menonton saluran konten mendidik anak di Youtube meningkat 4,7 kali.

"Ditonton banyak itu tips edukasi buat anaknya, seperti cara berhitung, cara membaca, macam-macam suara binatang," kata Ariani.

Tidak hanya mencari dan menonton konten mendidik anak, sejumlah ibu juga mulai membuat konten mendidik anak, meskipun jumlahnya masih kecil.

Selain pencarian mengenai proses kehamilan dan cara mendidik anak, menurut Ariani, masyarakat Indonesia memiliki rasa penasaran yang tinggi tentang produk anak dan keluarga.

Sementara itu, Direktur Marketing Frisian Flag Indonesia Felicia Juliana mengatakan ibu-ibu di Indonesia senang mengobrol dan berbagi informasi, khususnya dalam forum di laman mengenai ibu dan bayi.

"Forum tempat aktif dikunjungi 12 juta visitor setahun, paling digemari forum bertanya ibu dilakukan dengan mudah tidak cuma telepon, bisa online berbagi cerita dan tips," ujar dia.

Mengetahui kecenderungan tersebut, Felicia mengatakan pihaknya membuat artikel untuk memaparkan informasi dari para pakar untuk para ibu yang aktif mencari informasi.

Menurut dia, artikel yang paling banyak dibaca mengenai kehamilan karena merupakan tahapan kehidupan paling besar dalam hidup seorang ibu, selanjutnya mengenai tumbuh kembang anak.(*)