Wagub: kesenian etnis Tionghoa dukung pariwisata Sumbar

id Perayaan Imlek Sumbar

Wagub: kesenian etnis Tionghoa dukung pariwisata Sumbar

Wakil Gubernur Sumatera Barat Basrul Abit (depan kanan) bersama Tuako HBT Padang (depan kiri) Andreas Sofiandi membuka bazar HBT untuk memeriahkan tahun Baru Imlek 2569 di Kota Padang, Sumatera Barat , Rabu (21/2). (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan kesenian yang dimiliki etnis Tionghoa di Kota Padang merupakan sebuah budaya yang perlu dilestarikan karena mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan pariwisata.

"Kami sebagai pemerintah bersifat mendorong dan mengembangkan kebudayaan yang ada saat ini. Kami akan meminta Dinas Kebudayaan Sumbar untuk berkoordinasi untuk melestarikan budaya-budaya Tionghoa ini," ujar saat membuka bazar Himpunan Bersatu Teguh (HBT) yang akan digelar untuk memeriahkan tahun baru Imlek 2569 di kawasan Kampung Pondok, Kota Padang, Rabu malam.

Dirinya berharap dengan adanya keberagaman di daerah ini membuat masyarakat teguh bersatu dan menghindari segala bentuk tindakan yang membuat terjadinya perpecahan.

"Keberagaman bukan membuat kita berpecah belah akan tetapi menguatkan kita untuk menjhaga persatuan dan kesatuan," katanya.

Menurutnya di daerah Kampung Pondok ini terdapat Klenteng See Hin Kyong dan bangunan-bangunan tua yang sangat mendukung lokasi ini menjadi kawasan Heritage.

"Kami akan berupaya untuk menjadikan lokasi ini menjadi kawasan cagar budaya meskipun hal itu butuh proses dan kami akan coba melengkapi," kata dia.

Tuako HBT Kota Padang Andreas Sofiandi mengatakan bazar ini selalu dilaksanakan setiap tahun dan berakhir saat perayaan Cap Go Meh.

Bazar ini diikuti oleh puluhan perusahaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan produk mereka.

"Seluruh perusahaan itu diberi stan untuk memasarkan produk mereka selama sepuluh hari ke depan," katanya.

Selain itu bazar ini juga diisi dengan berbagai kesenian dan olahraga seperti Barongsai, Tari Kipas, penampilan musik Mandarin dan lainnya.

"Selain itu juga ada kegiatan bakti sosial dan donor darah, " kata dia.

Ia berharap pada tahun ini Kota Padang, Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya diberi kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan serta jauh dari hal yang negatif.

"Semoga tahun ini kita selalu diberi rezeki yang berlimpah, kesehatan dan sejahtera dalam menjalani kehidupan ini," kata dia.

Pembukaan Bazar ini juga dihadiri Wakajati Sumbar Irdam, Pejabat Sementara Wali Kota Padang Alwis, Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz.