Anggota DPR sosialisasikan empat pilar MPR-RI di Objek Wisata Pantai Sago Pesisir Selatan

id Darizal Basir

Anggota DPR sosialisasikan empat pilar MPR-RI di Objek Wisata Pantai Sago Pesisir Selatan

Suasana sosialisasi empat pilar MPR RI di Objek Wisata Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan oleh anggota DPR RI, Darizal Basir, Rabu (21/2). (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Sosialisasi dimaksudkan untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa
Painan, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat I, Darizal Basir menyosialisasikan empat pilar MPR RI kepada masyarakat di Objek Wisata Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu.

Kegiatan yang dihadiri tokoh masyarakat, organisasi lanjut usia dan unsur Pemerintah Kecamatan IV Jurai disosialisasikan empat pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Darizal Basir, ke empat pilar itu mutlak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta kondisi yang stabil, apalagi dengan situasi saat ini dimana pelbagai informasi dengan mudah bisa diakses dan diterima oleh masyarakat.

Sehingga ke empat pilar MPR RI itu bisa dijadikan sebagai tameng dalam membendung informasi yang berpotensi menggerus nilai-nilai kebangsaan.

Lebih dari itu, ujarnya, ke empat pilar MPR RI juga mampu mengatasi berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi sehingga mampu diredam atau diselesaikan dengan baik.

"Sosialisasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa, " ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Darizal Basir juga menguji kemampuan peserta sosialisasi mulai dari yang mampu membacakan Pancasila hingga pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tanpa melihat teks.

Bagi mereka yang mampu, mantan bupati dua periode Pesisir Selatan tersebut langsung memberikan hadiah secara khusus.

Menurutnya kegiatan sengaja dilaksanakan secara interaktif sehingga nilai-nilai pada empat pilar MPR RI melekat dengan baik ke ingatan seluruh peserta.

Pada kesempatan itu pihaknya juga berharap dan mendorong agar peserta menyebarluaskan informasi yang didapatkan ke keluarga dan masyarakat di lingkungannya. (*)