Sejumlah nelayan di Jambi dapat Rp300 juta untuk ganti alat tangkap cantrang

id tangkap ikan

Sejumlah nelayan di Jambi dapat Rp300 juta untuk ganti alat tangkap cantrang

Ikan tangkapan nelayan. (FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Dana itu untuk membeli alat tangkap jaring yang lebih ramah lingkungan dengan kualitas milenium dan bisa lebih awet dibandingkan dengan jaring biasa,
Jambi, (Antara) - Sejumlah nelayan di dua kabupaten di Propinsi Jambi akan menganti alat tangkap ikan cantrang dengan dana sebesar Rp300 juta yang disiapkan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

"Dana itu untuk membeli alat tangkap jaring yang lebih ramah lingkungan dengan kualitas milenium dan bisa lebih awet dibandingkan dengan jaring biasa," kata Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap DKP Provinsi Jambi, Dodi di Jambi, Rabu.

Namun, tambahnya anggaran Rp300 juta itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan penggantian cantrang yang ada karena jumlah cantrang nelayan di dua kabupaten, yakni Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur berjumlah 500 unit.

"Satu jaring itu harganya bisa puluhan juta. Jadi kalau Rp300 juta belum apa-apa, paling hanya dapat 40-42 pic jaring," katanya.

Dodi menjelaskan, sesuai hasil pertemuan DKP bersama para nelayan beberapa waktu lalu, minimal alat tangkap jenis jaring itu jumlahnya sekitar 1.000 unit, sementara kemampuan APBD hanya 42 unit per tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan jaring tersebut, pihaknya mengaku akan terus menerus mengajukan bantuan ke pemerintah pusat.

"Untuk bantuan pemerintah pusat biasanya tidak melalui kita, mereka langsung memberikan ke kabupaten setempat. Mereka hanya melaporkan saja," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, dari 500 cantrang yang ada, sekitar 20 persen dari jumlah itu sudah tidak digunakan lagi karena baru-baru ini nelayan di perairan Jambi mendapatkan bantuan jaring dari pemerintah pusat.

"Kita berharap secepatnya nelayan mengganti alat tangkap yang ramah lingkungan. Tapi kita tidak bisa menghentikan secara serentak kecuali langsung ada penggantinya," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data statistik DKP Provinsi Jambi, luas wilayah laut daerah itu mencapai 114.469 kilometer persegi dengan potensi produksi perikanan tangkap mencapai 114.036 ton per tahun.

Sedangkan untuk jumlah rumah tangga perikanan (RTP) laut di daerah itu mencapai 2.692 KK yang terdapat di dua kabupaten yakni Tanjungjabung Timur dan Tanjungjabung Barat yang merupakan wilayah pesisir timur Provinsi Jambi.