Koordinator Kopertis X katakan kampus berperan jadi penggerak ekonomi bangsa

id Herri

Koordinator Kopertis X katakan kampus berperan jadi penggerak ekonomi bangsa

Koordinator Kopertis X, Prof Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Bukan semata menghasilkan lulusan menjadi pekerja atau pengusaha, namun dari dunia pendidikan tinggi juga berperan langsung menggerakkan ekonomi tersebut
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan dunia kampus berperan penting dan strategis dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa melalui sumber daya yang dimiliki.

"Bukan semata menghasilkan lulusan menjadi pekerja atau pengusaha, namun dari dunia pendidikan tinggi juga berperan langsung menggerakkan ekonomi tersebut," ujarnya yang merupakan guru besar ekonomi tersebut di Padang, Rabu.

Maksudnya melalui kegiatan pengabdian masyarakat, penelitian dan pendidikan, kampus mampu menjadi pendukung kemajuan ekonomi tersebut.

Misalnya dalam pengabdian masyarakat, dosen dan mahasiswa memberikan penyuluhan kepada pelaku usaha kecil dan menengah tentang peningkatan produk.

Melalui inovasi dari riset pelaku usaha seperti bidang pertanian, peternakan dan pariwisata dapat terbantu juga dalam pengembangan produk dan pasar.

Kemudian dalam hal pendidikan, pengadaan kuliah kewirausahaan cukup strategis dalam membentuk pelaku usaha baru yang juga membuka lapangan kerja di masa depan.

Sejauh ini telah banyak pengusaha sukses yang memulainya dari bangku kuliah menjadi pelaku usaha.

Dan dari kuliah tersebut telah dapat ditekan pengangguran lulusan mahasiswa.

"Pemikiran dosen di kampus kemudian menuangkan dalam penelitian potensial dimanfaatkan industri, " kata dia.

Artinya di dunia hasil penelitian dari kampuslah yang telah menciptakan beragam produk yang bermanfaat untuk masyarakat.

Untuk itu dia berharap baik pemerintah daerah maupun industri dapat menjadikan kampus mitra dalam pengembangan ekonomi.

Berkaca yang terjadi di negara lain, hal ini harus dapat dimaksimalkan.

"Kopertis sebagai lembaga pendidikan tinggi terus mendorong peningkatan peranan tersebut di daerah, " ujarnya.

Salah satu yang didorong yakni meningkatkan kerja sama dengan industri serta pemda.

Khususnya dalam penyaluran hasil penelitian dan mengembangkannya menjadi aplikatif.

Sebab salah satu kelemahan penelitian dosen yang banyak yakni masih skala laboratorium meski secara kualitas dinilai lebih baik dari yang ada di pasaran.

Upaya lain yang digenjot yakni memperbanyak kuliah kewirausahaan dan mencarikan pihak ketiga bagi mahasiswa dan dosen mengembangkan usahanya. (*)