Duta Generasi Berencana dibentuk untuk penguatan karakteristik pemuda di Padang

id Asnel

Duta Generasi Berencana dibentuk untuk penguatan karakteristik pemuda di Padang

Sekretaris Daerah Padang, Asnel. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Ini menjadi langkah pemerintah dalam membina pemuda untuk persiapan generasi emas mendatang yang memiliki karakteristik budaya lokal,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengupayakan duta Generasi Berencana (Genre) yang terpilih setiap tahun menjadi identitas pemuda di daerah tersebut dalam pengembangan karier dan prestasi.

"Ini menjadi langkah pemerintah dalam membina pemuda untuk persiapan generasi emas mendatang yang memiliki karakteristik budaya lokal," kata Sekretaris Daerah Padang, Asnel di Padang, Senin.

Menurutnya karakteristik dari duta Genre tersebut yakni beretos kerja, punya integritas dan menjadi teladan bagi generasi muda di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi.

Dalam hal ini pemerintah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendukung capaian Genre tersebut antara lain wirid remaja, pesantren remaja, Tahfiz Al Quran, kegiatan seni dan pertandingan olahraga dimulai kelurahan dan kecamatan.

Semua kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah gangguan saat ini seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas.

"Diharapkan 50 duta ini dapat menjadi identitas sesuai wilayah, sekolah atau perguruan tingginya masing-masing," ujar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Heryanto Rustam menyebutkan pemilihan Duta Genre ini telah terpilih 50 orang atau 25 pasang dari 215 orang.

Sebanyak 215 orang itu dari 81 perguruan tinggi sederajat dan 134 tingkat SMA sederajat.

Kesemuanya telah melewati proses seleksi penampilan bakat dan karantina.

Kegiatan dilaksanakan setiap tahun dan telah menjadi agenda pemkot dalam pembinaan generasi muda potensial

Tujuannya untuk melihat potensi yang pada diri pemuda tentang pemikiran, sikap dan inovasi dalam pengembangan daerah.

Nantinya Duta ini akan menyosialisasikan dan mempromosikan tentang penguatan karakter pemuda dalam hal sikap, pemikiran, dan perilaku. (*)