Jalankan program amal, ini program UPT Balai Penyuluh KB Sungai Beremas

id program KB

Jalankan program amal, ini program UPT Balai Penyuluh KB Sungai Beremas

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Unit Pelayanan Teknis Balai Penyuluh KB Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menjalankan program keluarga berencana dengan memberikan 30 persen untuk kegiatan amal.

"Benar, berbagai program telah dilaksanakan untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Tahun ini akan kita teruskan," kata Kepala Balai Penyuluh KB Sungai Beremas, Aufial Hidayat di Simpang Empat, Senin (19/2).

Ia menambahkan dari bidang program peternakan dan perikanan darat sebanyak 30 persen digunakan untuk kegiatan amal dan menyantuni muallaf.

Menurutnya balai penyuluh KB telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di dua bidang. Dua bidang tersebut yakni bidang KB dengan program mencari KIE bagi calon Akseptor KB baik Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) maupun Non MJKP seperti implant, IUD, MOP, MOW, sedangkan Non MKJP suntik, pil KB, kondom.

"Itu beberapa program bidang KB yang sudah sukses kita jalankan di Kecamatan Sungai Beremas," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk program di bidang Keluarga Sejahtera (KS) pihaknya sudah menjalankan beberapa program yakni program tribina Bina Keluarga Balita (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Selain itu juga Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), keluarga harmonis, dan kelurga lestari.

Di balai penyuluhan KB Kecamatan Sungai Beremas pada program Bina Keluarga Remaja (BKR). Dimana BKR ada tiga seksi yakni seksi pendidikan dengan kegiatannya memberikan dana beasiswa kepada anak yatim dan fakir miskin berprestasi pada tanggal 13 Februari 2018 di MIN 1 Pasaman Barat tepatnya Air Bangis, dengan jumlah anak yang dapat beasiswa lima orang, jelasnya.

Selain itu, seksi kedua di bidang peternakan dan perikanan darat Balai Penyuluh KB Kecamatan Sungai Beremas telah melakukan kegiatan di bidang perikanan berupa kolam ikan gabus. Adapun hasil dari kolam tersebut sebanyak 30 persen digunakan untuk kegiatan amal.

"Kita juga bergerak di bidang Bansos dan amal. Tim amal dari BKR peduli kasih kegiatannya memberikan santunan kepada anak yatim, fakir miskin, lansia, muallaf dan keluarga kurang mampu," lanjutnya.

Dana yang didapat dihimpun dari para dermawan di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah anak rantau Air Bangis, serta warga Air Bangis. Hasil lobi dari pembina BKR peduli kasih dengan koordinator oleh ketua balai penyuluhan KB.

Dia melanjutkan, BKR pernah menyabet prestasi nomor dua tingkat kabupaten ari Dinas DP2KB sebagai instansi induk di bidang Bina Keluarga Remaja (BKR).

Prestasi anggota BKR ini juara satu tingkat Kabupaten Pasaman Barat, kreatifitas pengolahan barang bekas pada ivent Pesona Air Bangis yang diadakan oleh Dinas Pariwisata tanggal 6 Desember tahun 2017 atas nama Rio. Prestasi anggota masuk nominasi nomor lima lukisan di Taman Budaya di Padang.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar