Baznas Agam bantu korban kebakaran Pasar Palembayan

id Baznas Agam

Baznas Agam bantu korban kebakaran Pasar Palembayan

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan sebesar Rp20 juta kepada korban kebakaran di Pasar Palembayan, Kecamatan Palembayan, Minggu (18/2), yang menghanguskan 28 kios.


Ketua Baznas Agam, Eldi Zein di Lubukbasung, Senin, mengatakan, bantuan itu langsung disalurkan kepada korban yang juga pemilik kios beberapa jam setelah 28 unit kios itu hangus terbakar pada Minggu (18/2).

"Bantuan itu langsung diserahkan Bupati Agam Indra Catri kepada 20 pemilik kios," katanya.

Ia menambahkan, bantuan yang disalurkan itu sebesar Rp20 juta dan masing-masing korban mendapat bantuan sebesar Rp1 juta. Bantuan ini merupakan program Agam Peduli dari Baznas Agam.

"Mudah-mudahan bantuan itu dapat meringankan beban dari korban kebakaran," tambahnya.

Selain Program Agam Peduli, Baznas juga memiliki Agam Sehat, Agam Pintar, Agam Makmur dan Agam Takwa.

Sementara Bupati Agam, Indra Catri, menambahkan, pemerintah kecamatan dan pemerintah nagari akan membuat pasar sementara di sekitar pasar. Ini bertujuan agar pedagang bisa berjualan sampai pasar di bangun, agar ekononi pedagang akan kembali normal.

"Meskipun kios terbakar, tetapi pedagang harus tetap berjualan," tegasnya.

Sebelumnya, 28 kios di Blok A Pasar Palembayan, Nagari Ampekkoto Palembayan, Kecamatan Palembayan, hangus terbakar, Minggu (18/2) sekitar 04.05 WIB.

Ke 28 kios ini milik dari 20 pedagang. Dari 28 kios itu, empat kios dalam keadaan kosong, sedangkan 24 kios lainnya dalam keadaan berisi dagangan.

Akibat kejadian itu, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp1,3 miliar dan tidak ada korban jiwa.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian," katanya.