Terdampak longsor kereta Semarang menuju Madiun dialihkan

id kereta api

Terdampak longsor kereta Semarang menuju Madiun dialihkan

Ilustrasi kereta api (Antara)

Madiun, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak delapan kereta api (KA) dari Semarang tujuan Madiun dialihkan jalurnya akibat terdampak bencana tanah longsor yang terjadi di antara Stasiun Gundih hingga Stasiun Karangsono Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

"Delapan KA terimbas tersebut adalah KA Brantas PP, KA Bangunkarta PP, KA Majapahit PP, dan KA Matarmaja PP," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Supriyanto di Madiun, Sabtu (17/2).

Menurut dia, pengalihan jalur terhadap KA-KA dari arah Semarang menuju Madiun dan sebaliknya tersebut karena jalur rel tertutup material longsoran sehingga tidak dapat dilalui oleh perjalanan KA.

Adapun, delapan KA yang terganggu menuju dan berangkat dari Madiun, yaitu KA Brantas relasi Blitar-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp, KA Bangunkarta Surabaya-Madiun-Semarang-Gambir pp, KA Matarmaja relasi Malang-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp, dan KA Majapahit relasi Malang-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp.

Baca juga: Longsor, sembilan kereta api putar arah





Guna mengantisipasi dan menjamin keselamatan perjalanan KA, PT KAI merekayasa pola operasi rute KA- KA tersebut. Dimana sebelumnya melalui Solo-Gundih-Kedungjati-Brumbung-Semarang, begitupun sebaliknya, untuk semetara rutenya diubah menjadi Solo-Gundih-Gambringan-Semarang dan sebaliknya.

"Pada Sabtu malam ini, delapan KA tersebut yang dari dan menuju Madiun rutenya dialihkan melewati stasiun Gundih-Gambringan-Semarang," kata dia. Akibat pengalihan jalur tersebut, delapan KA tersebut mengalami keterlambatan kedatangan. Kelambatan akibat pola operasi memutar tersebut diperkirakan kurang lebih sekitar satu jam.

Supriyanto menjelaskan PT KAI Daop 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan KA-KA dari Semarang dan sebaliknya tersebut akibat longsor.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan PT KAI akan terus melakukan langkah-langkah untuk keselamatan perjalanan KA," kata dia.

Petugas PT KAI semaksimal mungkin melakukan perbaikan untuk segera memulihkan jalur tersebut demi kelancaran dan keselamatan perjalanan KA. (*)