Wisatawan luar Sumbar padati kawasan Pantai Padang selama libur panjang

id pantai padang

Wisatawan luar Sumbar padati kawasan Pantai Padang selama libur panjang

Pengunjung berswafoto di depan Monumen IORA Pantai Cimpago Padang. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Hal ini terlihat dari lebih banyaknya kendaraan yang parkir dengan plat nomor yang bukan dari Sumbar di kawasan tersebut,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ratusan wisatawan dari luar Kota Padang Provinsi Sumatera Barat mendominasi kunjungan ke beberapa kawasan wisata Pantai Padang saat libur panjang sejak Jumat (16/2) .

Berdasarkan pantauan, Sabtu wisatawan yang berkunjung ke Pantai Muaro Lasak dan Cimpago Padang sebagian besar berasal dari Jambi, Riau dan Sumatera Utara.

Hal ini terlihat dari lebih banyaknya kendaraan yang parkir dengan plat nomor yang bukan dari Sumbar di kawasan tersebut.

Sebagian rombongan wisatawan berasal dari sekolah-sekolah, perusahaan dan juga terdapat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Wisatawan yang datang dengan mobil pribadi maupun bus pariwisata banyak berswafoto di dua tempat di Pantai Padang, yakni Tugu Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Tugu Merpati Perdamaian.

Salah seorang pedagang lengkitang (sejenis panganan laut), Winda (27) mengatakan sejak kemarin wisatawan memadati Pantai Padang.

"Dagangan saya laris dan penghasilan juga meningkat dibanding biasanya," kata dia.

Salah seorang wisatawan dari Jakarta, Chandra (29) mengatakan ini kunjungan keduanya ke Sumbar. Menurutnya kelebihan berwisata di daerah ini yakni masyarakatnya yang ramah dan kuliner yang lezat.

"Makanannya enak di sini, dan juga alamnya sejuk," kata dia.

Baca juga: Pemkot Padang hadirkan festival seni dua minggu sekali setiap bulan di kawasan pantai Padang

Padang Butuh Banyak Investasi Perkuat Wisata





Menanggapi ini Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan wisatawan yang mengunjungi Pantai Padang naik sekitar 20 persen dibanding libur akhir pekan sebelumnya.

Namun, ia mengatakan saat libur panjang akhir pekan kali ini wisatawan lebih banyak ke Pantai Air Manis karena jalur baru yang melewati Bukit Gado-Gado sudah bagus dan lancar. Ia menyebutkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pantai Air Manis pada libur kali ini meningkat sekitar 300 persen.

"Biasanya PAD saat akhir pekan Rp10 juta, saat ini mencapai Rp40 juta," tambahnya.

Medi berharap ke depan kawasan wisata di Kota Padang semakin ramai sehingga juga berdampak pada ekonomi masyarakat. (*)