Kota Solok upayakan UNBK menyeluruh

id UNBK

Kota Solok upayakan UNBK menyeluruh

Simulasi UNBK di Solok. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Tahun ini UNBK tingkat SMP diikuti oleh sembilan sekolah dengan jumlah siswa 1.725 orang, yang meningkat dari 2017,
Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat mulai 2018 mengupayakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan MTS secara menyeluruh sehingga pada 2019 semua sekolah di kota tersebut dapat mengikuti.

"Tahun ini UNBK tingkat SMP diikuti oleh sembilan sekolah dengan jumlah siswa 1.725 orang, yang meningkat dari 2017 yang hanya tiga sekolah dengan jumlah 712 orang," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Dodi Osmond di Solok, Sabtu.

Ia menyebutkan sembilan sekolah tersebut adalah SMPN 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Solok, SMP IT, MTSN Kota Solok, dan MTS Muhammadiyah.

Sebagian siswa memang masih akan menumpang di SMK dan SMA, sebagian sekolah berinisiatif untuk melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing dengan memakai komputer yang dimiliki sekolah dan meminjam komputer atau laptop orang tua siswa bagi yang memiliki.

"Karena kami belum ada mendapatkan bantuan komputer tentu harus dimaksimalkan dengan koordinasi pada SMK dan SMA yang memiliki komputer," ujarnya.

Jadi, 2018 ini pihaknya berupaya mencicil pemenuhan komputer dan laboratorium tempat pelaksanaan ujian supaya bisa melaksanakan UNBK secara maksimal agar 2019 tidak ada lagi sekolah yang tidak mengikuti UNBK.

"2019 semua siswa wajib mengikuti UNBK, tidak ada lagi sistem ujian nasional menggunakan kertas dan pensil," ujarnya.

Pelaksanaan simulasi nasional pertama secara serentak telah dilaksanakan sejak Rabu dan Kamis, 14 hingga 15 Februari 2018 di semua SMP Kota Solok.

Dinas pendidikan akan membantu dengan teknisi komputer untuk menanggulangi masalah jaringam internet dan perangkat lainnya. (*)