Beri nyaman pengunjung, timbangan ukur barang tersedia di Pasar Pesisir Selatan

id timbangan

Beri nyaman pengunjung, timbangan ukur barang tersedia di Pasar Pesisir Selatan

Petugas sedang melakukan tera ulang alat ukur dan timbangan (ANTARA SUMBAR)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat segera mendirikan Pos Timbang Ukur Ulang di tiga pasar pada daerah setempat sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada pembeli.

"Pos Timbang Ukur Ulang akan kami dirikan di tiga pasar yaitu Pasar Sago, Pasar Painan dan Pasar Kambang," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, Azral di Painan, Sabtu.

Pos Timbang Ukur Ulang bisa dimanfaatkan pembeli untuk menimbang ulang barang beliannya atau menimbang barang yang akan dibelinya, dengan begitu pembeli merasa nyaman setelah ataupun sesudah membeli barang, katanya.

Dan, jika setelah menggunakan jasa Pos Timbang Ukur Ulang pembeli mengetahui barang yang telah dibeli beratnya tidak cocok maka ia bisa langsung komplain ke pedagang.

"Selain bisa langsung komplain, si pembeli tidak perlu lagi membeli barang ke pedagang yang dimaksud sebagai bentuk sanksi sosial," ujarnya.

Ke depan pihaknya juga akan mendirikan papan harga kebutuhan pokok di ketiga pasar kecuali pasar Painan yang telah didirikan sejak beberapa tahun terakhir.

Sementara di pasar lain pada daerah setempat, terutama pasar kecamatan juga akan dibangun Pos Timbang Ukur Ulang dan papan harga kebutuhan pokok secara bertahap.

Melalui keduanya diharapkan tercipta situasi yang kondusif dan saling percaya antara pedagang dan pembeli.

Berikutnya untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap pasar semi modern dan tradisional ditengah gempuran pasar modern saat ini. (*)