Kapolres Solok Arosuka minta efektifkan ronda malam tekan gangguan kamtibmas

id Ferry Irawan

Kapolres Solok Arosuka, Sumatera Barat AKBP Ferry Irawan. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Dalam situasi ekonomi yang sulit sekarang ini, karena desakan ekonomi bisa menyebabkan orang berbuat nekat. Maka ronda malam selain dapat menekan angka pencurian, juga cukup efektif untuk meminimalkan gangguan kamtibmas lainnya
Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Kapolres Solok Arosuka, Sumatera Barat AKBP Ferry Irawan meminta masyarakat setempat mengefektifkan ronda malam untuk menekan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas) dan meminimalkan terjadinya tindak kejahatan.

"Dalam situasi ekonomi yang sulit sekarang ini, karena desakan ekonomi bisa menyebabkan orang berbuat nekat. Maka ronda malam selain dapat menekan angka pencurian, juga cukup efektif untuk meminimalkan gangguan kamtibmas lainnya," kata dia di Arosuka, Selasa.

Meskipun sejauh ini di wilayah hukum Polres Solok terbilang kondusif di antara daerah lainnya di Sumbar dengan tidak adanya tindak kejahatan yang mencolok, namun bukan berarti warga dapat bersantai dan berpangku tangan.

Justru aksi kejahatan bisa saja muncul kapan saja, malah tidak jarang dipicu oleh hal-hal sepele. Lewat sistem keamanan keliling (siskamling), hal-hal tak diinginkan itu akan dapat ditekan, sebutnya.

Dengan aktifnya pos ronda di malam hari, setidaknya dapat membuat para pelaku kejahatan berfikir dua kali untuk melancarkan niatnya di daerah target, begitu pun pihak-pihak tertentu yang memang memiliki niat menyimpang.

Sesuai dengan upaya masyarakat ini, Polres Solok pun tetap menggelar kegiatan rutin di kawasan-kawasan yang dianggap rawan lewat sistem patroli.

Kita telah meminta seluruh Kapolsek untuk gencar melakukan patroli. Bhabinkamtibmas akan membantu masyarakat untuk menghidupkan kembali pos ronda di setiap nagari, ujarnya.

Untuk menciptakan suasana kondusif ini menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat, selain pihak Polisi yang sesuai tupoksi memang diamanahkan.

Dengan adanya kerja sama antara polisi dan masyarakat, diharapkan segala bentuk gangguan keamanan dan tindak kejahatan dapat ditekan.

Biasanya di daerah-daerah yang aktif ronda malam, jarang dimasuki maling. Namun jika ada pelaku kejahatan berhasil tertangkap tangan, jangan sampai main hakim sendiri pula, mesti dilaporkan ke pihak berwajib agar ditindak secara hukum," ujarnya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar