Gubernur Sumbar Resmikan Pasar Raya Padang

id Peresmian Pasar Raya Padang,sumbar

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (ketiga kanan) dan Wali Kota Padang, Mahyeldi (kedua kanan), berdiskusi dengan pedagang usai peresmian Pasar Raya, Padang, Sumatera Barat, Selasa (13/2). Pasar Raya yang memiliki empat blok dan dibangun dengan biaya Rp247,2 miliar itu diharapkan menjadi pusat perekonomian dan destinasi wisata belanja. (ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/18)

Pasar Raya Padang diharapkan dapat menjadi pusat perekonomian dan etalase Sumbar
Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan Pasar Raya Padang yang terdiri dari blok I, II, III dan IV, Selasa.

"Pasar Raya Padang diharapkan dapat menjadi pusat perekonomian dan etalase Sumbar," katanya usai peresmian Pasar tersebut di Padang.

Ia mengatakan, Pasar Raya Padang telah dikenal luas oleh masyarakat, oleh karena itu dengan telah diresmikannya blok I, II, III, IV mampu menggerakkan perekonomian di Sumbar, khususnya di Kota Padang.

"Serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan kenyamanan bagi konsumen yang akan berbelanja," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan pembangunan pasar tersebut mencapai Rp247,2 miliar, namun belum termasuk dana operasional dan rehabilitasi bangunan.

"Seperti penambahan akses dan pembangunan tangga di blok II dan IV," tambahnya.

Ia merincikan, blok I mulai dibangun pada tahun 2011 dengan dana yang berasal dari APBD Kota Padang sebesar Rp64 miliar, blok II pada 2012 melalui dana APBD provinsi sebesar Rp72 miliar.

Kemudian, blok III Rp87,5 miliar dari APBD dan blok IV pada tahun 2015 dari dana APBN sebesar Rp7,5 miliar, Rp200 juta APBD 2015 dan Rp16 miliar dari APBD Padang 2016.

Saat ini, kata dia pemerintah kota Padang tengah melakukan kajian untuk pembangunan tangga naik dari arah jalan sandang pangan menuju langsung ke lantai dua pada blok I.

Secara keseluruhan, sebutnya terdapat 3.025 petak kios di pasar tersebut serta tersedia shelter tsunami dan pusat perdagangan khas dari 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Ia berharap Pasar Raya Padang dapat menjadi destinasi wisata belanja sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkan perekonomian khususnya di Kota Padang. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar