Kopertis X genjot kampus raih akreditasi institusi A

id Herri,kopertis x

Koordinator Kopertis wilayah X, Prof Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Harus terjadi harmonisasi antara kampus dan yayasan agar mudah dalam berbagai urusannya
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X menggenjot kampus yang telah mendapat akreditasi institusi B untuk meraih nilai A pada 2018.

"Ada 26 kampus yang tercatat berakreditasi B diharapkan mulai tahun ini dan selanjutnya bisa mendapatkan nilai A," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Senin.

Menurutnya beberapa kampus di Sumbar dan Riau berpotensi mendapatkan nilai akreditasi A, karena ditunjang beberapa hal seperti sarana prasarana, dukungan yayasan, sumber daya pengajar berkualitas serta atmosfer perkuliahan yang baik.

Meskipun demikian, kampus tersebut tetap harus meningkatkan kualitasnya seperti melengkapi gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, gedung jurusan atau fakultas, dan fasilitas lainnya.

Jangan sampai kata dia, kampus harus melakukan penyewaan dan peminjaman alat untuk melaksanakan praktikum di laboratorium.

Kemudian memperkuat sumber daya pengajar yang berkualitas dengan mendorong untuk meningkatkan jabatan fungsional dan status pendidikan.

Dalam hal ini dosen yang masih Magister melanjutkan sekolahnya hingga doktor, dan yang masih S1 dapat segera mengejar program S2.

Dosen juga dituntut meningkatkan kemampuan dalam hal penelitian atau menyusun kurikulum dan bagi yang belum bersertifikat harus mengejar sertifikasi.

"Harus terjadi harmonisasi antara kampus dan yayasan agar mudah dalam berbagai urusannya," ujarnya.

Hal ini akan memberikan atmosfer yang baik dalam perkuliahan dan mendukung capaian prestasi mahasiswa.

Kesemua aspek ini harus ditingkatkan dan tertulis dalam dokumen agar capaian akreditasi lebih baik. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar