Tingkatkan kunjungan wisatawan, Bukittinggi selenggarakan 22 even pariwisata selama 2018

id Jam Gadang,Pariwisata Bukittinggi

Ilustrasi - Pebalap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) di sekitar Jam Gadang Bukittinggi.

Pelaksana kegiatan tersebut bukan saja dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, namun juga dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan organisasi lainnya di Bukittinggi
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyelenggarakan 22 kegiatan dalam kalender even pariwisata 2018 untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Pelaksana kegiatan tersebut bukan saja dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, namun juga dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan organisasi lainnya di Bukittinggi," kata Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora setempat, Suzi Yanti di Bukittinggi, Jumat.

Dalam kalender pariwisata, terdapat kegiatan yang melibatkan pelaku pariwisata dari dalam dan luar Sumbar hingga luar Indonesia yaitu Minangkabau Travel Mart oleh Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia (Asppi) Sumbar.

Di samping itu juga terdapat balap sepeda internasional tahunan Tour de Singkarak yang sudah masuk dalam kalender even pariwisata nasional.

"Sementara untuk kegiatan yang berasal dari Bukittinggi, memang belum masuk kalender pariwisata nasional. Namun kita berupaya menghadirkan even yang lebih beragam dari sebelumnya mulai Februari hingga Desember 2018," katanya.

Baca juga: 1,03 Juta Wisatawan Kunjungi Dua Objek Wisata Berbayar di Bukittinggi

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut mencakup berbagai bidang di antaranya kuliner lewat even Bukittinggi Culinary Festival, Festival Kuliner Junior, di kebudayaan melalui acara Ai Matsuri (Ai No Kagayaki), Festival Multietnis Internasioanl, Festival Silat Tradisional dan Internasional.

Kemudian di olahraga seperti Pacu Kudo Wisata Derby, Tenis Eksekutif Internasional, pendidikan melalui even Bukittinggi Library Fiesta, Pameran Arsip Nasional dan kegiatan lainnya.

Baca juga: Tarif bendi wisata di Kota Bukittinggi ditetapkan untuk kenyamanan kusir dan wisatawan

Selain 23 kegiatan dalam kalender even, setiap hari mulai pukul 20.00 WIB di Medan Nan Balinduang pemerintah setempat mengadakan kegiatan Minangkabau Art Performance dan Olahraga Masyarakat pada minggu ke dua dan ke empat setiap bulannya di Lapangan Kantin dan Jalan Sudirman.

Dengan adanya kalender even, selain sebagai penarik minat wisatawan, diharapkan juga menjadi salah satu panduan berwisata bagi masyarakat yang ingin melewatkan waktunya di kota Jam Gadang tersebut. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar