Kemenkeu gelar diseminasi dana desa di Tanah Datar, supaya tepat sasaran

id Dana desa

Kemenkeu gelar diseminasi dana desa di Tanah Datar, supaya tepat sasaran

Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia menggelar Diseminasi Dana Desa yang diikuti Pimpinan OPD, Camat, Walinagari se Kabupaten Tanah Datar, Sumetera Barat di Aula Kantor Bupati setempat. (Ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia menggelar Diseminasi Dana Desa yang diikuti Pimpinan OPD, Camat, Walinagari se Kabupaten Tanah Datar, Sumetera Barat di Aula Kantor Bupati setempat.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Boediarso Teguh Widodo di Batusangkar, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang kebijakan dana desa.

"Tujuan utama dalam pelaksanaan dana desa yaitu melibatkan sebanyak mungkin tenaga kerja dalam perlaksanaan proyek dana desa dengan memprioritaskan pengangguran," katanya.

Ia menjelaskan, termasuk di dalamnya ialah penduduk miskin dengan penghasilan Rp300 ribu per bulan, penerima program keluarga harapan dan penduduk yang mempunyai balita kurang gizi.

"Dalam pengerjaan proyek dana desa kepada pekerja upah dibayar secara harian/mingguan dengan tujuan dapat dimanfatkan pekerja untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Selain itu ia menambahkan Kabupaten Tanah Datar merupakan tempat ke 9 dari 71 kabupaten/kota di Indonesia yang dikunjungi untuk menggelar Diseminasi Dana Desa dengan tema Padat Karya Tunai Untuk Masyarakat Desa Yang Lebih Sejahtera.

Sementara itu salah seorang anggota Komisi XI DPR RI, Jhon Kennedi Aziz mengatakan pada rapat APBN Perubahan Juli tahun 2017 lalu, ia bersama anggota DPR RI dapil Sumbar lainnya sudah mendesak pemerintah pusat untuk merubah nagari menjadi jorong sebagai pemerintahan terendah.

"Hal tersebut dilakukan agar dana yang turun ke desa atau nagari dapat lebih besar lagi," katanya.*