Para calon jemaah haji agar rutin periksa kesehatan

id jemaah haji

Para calon jemaah haji agar rutin periksa kesehatan

Ilustrasi. (Antara)

Waktu haji hanya empat bulan lagi, karena masalah kesehatan tidak bisa ujug-ujug, maka harus rutin diperiksa jauh hari
Bengkulu, (Antaranews Sumbar) - Para calon jemaah haji bagi pria maupun wanita pada tahun 2018 agar rutin memeriksa kesehatannya sejak sekarang.



"Waktu haji hanya empat bulan lagi, karena masalah kesehatan tidak bisa ujug-ujug, maka harus rutin diperiksa jauh hari," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Bustasar di Bengkulu, Selasa.

Saat ini, masyarakat telah memiliki kartu BPJS Kesehatan, jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeriksaan kesehatan rutin, oleh sebab itu seharusnya jemaah tidak lagi merasa terbebani.

Dengan pengecekan rutin, tambah dia jemaah akan tahu apa yang harus dipersiapkan untuk mencegah penyakit-panyakit yang bisa mmenghambat pelaksanaan ibadah haji nantinya.

"Kita yang tertinggi meninggal pada 2017 lalu, ada 12 orang, oleh sebab itu kita berharap jika jemaah peduli kesehatannya, maka bisa menekan angka ini, ingin kita tidak ada yang meninggal untuk 2018 ini," kata dia.

Selain pengecekan rutin kesehatan, jemaah juga diminta membiasakan diri berolahraga ringan dan teratur setiap minggu guna meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Hal ini, menurut dia, karena ibadah haji sesungguhnya merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik prima, sebab jemaah akan melaksanakan ibadah seperti tawaf atau sai yang sesungguhnya membutuhkan kekuatan fisik.

Ditambah lagi, kondisi cuaca di Arab Saudi berbeda jauh jika dibandingkan dengan Indonesia yakni berada di atas 40 derajat Celsius.

"Kalau kondisi tidak prima, sampai di sana nanti langsung kaget fisiknya dan terjadi penurunan kesehatan, akhirnya para jemaah tidak bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna," ujarnya.(*)