Wali Kota Solok: FKP tempat sosialisasikan program pemerintah

id Zul Elfian,APBD Solok

Wali Kota Solok: FKP tempat sosialisasikan program pemerintah

Walikota Solok, Zul Elfian memberikan arahan pada FKP RKPD 2019 di Solok, Senin. (ANTARA SUMBAR/Dokumentasi Pemkot Humas Solok)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Perencanaan 2019 sebagai tempat menyosialisasikan program pemerintah sehingga lebih mudah dibahas dengan perangkat daerah.

"FKP ini sesungguhnya sangat bermanfaat sebagai tempat sosialisasi program Pemerintah Kota Solok guna penyempurnaan Renja OPD," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian di Solok, Senin.

FKP yang diikuti oleh seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) beserta subbag Program, Fasilitator perencanaan kelurahan dan kecamatan, utusan ninik mamak, MUI, Ormas merupakan salah satu rangkaian tahapan penyusunan perencanaan untuk tahun 2019.

Rancangan awal RKPD merupakan salah satu bentuk kajian tenokratik yang disusun berdasarkan rancangan perencanaan kerja (Renja) OPD yang telah memerhatikan RPJMD, rencana strategis (Renstra) OPD dan nantinya akan disinkronkan dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang telah dimulai ditingkat kelurahan sampai nantinya ke tingkat kota.

"Masukan-masukan saat FKP ini tentunya akan lebih menyempurnakan Renja OPD. Oleh karenanya diminta seluruh OPD untuk dapat serius mengikuti dan mencatat serta mengkaji masukan yang berkembang nanti disaat forum," ujarnya.

Forum ini juga sebagai sarana bagi pemerintah kota melalui OPD untuk mensosialisasikan program kerja, baik yang telah maupun yang akan direncanakan.

"Terkadang sebuah program atau kegiatan tidak dapat terlaksana karena terjadi penolakan masyarakat dikarenakan tidak tersosialisasikannya dengan baik atau telah dilaksanakan tapi tidak termanfaatkan atau terawat," ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak semua untuk dapat memanfaatkan forum ini sebaik-baiknya untuk menyampaikan atau pun menerima informasi, demi Solok yang lebih baik ke depannya. (*)