Agar tak tertipu, kaum muslim dihimbau pilih travel umrah "lima pasti"

id umrah

Agar tak tertipu, kaum muslim dihimbau pilih travel umrah "lima pasti"

Haji dan Umrah. (Antara)

Lima pasti itu yakni pastikan travelnya memiliki izin, pastikan jadwalnya, pastikan berangkatnya, pastikan hotelnya, dan pastikan visanya
Palembang, (Antaranews Sumbar) - Agar tidak menjadi korban penipuan, umat muslim Indonesia dihimbau oleh Yayasan Lembaga Konsunen (YLI) agar memilih travel umrah yang punya "lima pasti".

"Lima pasti itu yakni pastikan travelnya memiliki izin, pastikan jadwalnya, pastikan berangkatnya, pastikan hotelnya, dan pastikan visanya," kata YLK Sumatera Selatan, Hibzon Firdaus di Palembang, Minggu.

Hingga sekarang ini masih saja terdapat masyarakat yang menjadi korban travel, padahal beberapa tahun terakhir terungkap kasus penipuan dengan ribuan orang yang batal berangkat umrah ke Tanah Suci Mekkah.

Kasus terbaru terungkap travel di Bandung tidak bisa memberangkatan ribuan jamaahnya yang dijadwalkan berangkat pada Januari 2018 dan terancam gagal berangkat pada bulan-bulan berikutnya sepanjang tahun ini, katanya.

Menurut dia, masyarakat di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu diharapkan menjadikan kasus penipuan yang dialami korban travel umrah tersebut sebagai pelajaran berharga.

Dengan menjadikan kasus penipuan tersebut sebagai pelajaran berharga diharapkan dapat membuat masyarakat di provinsi ini lebih hati-hati dan teliti memilih travel umrah yang akan memfasilitasi perjalanan ibadah ke Arab Saudi itu.

"Ummat Islam untuk teliti dalam memilih perusahaan jasa pelayanan perjalanan ibadah umrah agar tidak menjadi korban penipuan travel yang menawarkan biaya murah dan memilih waktu keberangkatan sesuai dengan keinginan," ujar Hibzon.(*)