Menteri PUPR akan kunjungi perkampungan adat terpopuler di Solok Selatan

id Hadimuljono

Menteri PUPR akan kunjungi perkampungan adat terpopuler di Solok Selatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Antara)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan mengunjungi perkampungan adat terpopuler di Indonesia yaitu kawasan seribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar.

Pelaksana tugas Kepala Bagian Humas Solok Selatan Firdaus Firman, di Padang Aro, Sabtu, mengatakan, Menteri PUPR di agendakan meninjau persiapan ground breaking restorasi 40 rumah gadang.

"Kementerian PUPR akan merestorasi 40 rumah gadang di kawasan seribu rumah gadang dan menteri langsung meninjau lokasi sebelum melaksanakan program tersebut," ujarnya.

Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi Widodo.

"Kita berharap penanjakan restorasi rumah gadang dan menara pandang dilakukan oleh presiden atas rekomendasi Menteri PUPR," ujarnya.

Menteri PUPR di agendakan berangkat dari Jakarta pukul 14.00 Wib setelah cek persiapan lapangan Asean Games di Gelora Bung Karno.

Setelah itu pihaknya belum mengetahui apakah Menteri tidur di Padang atau langsung ke kawasan seribu rumah gadang.

Rencana restorasi sendiri, telah disetujui oleh para ninik mamak (pemangku adat) di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu setelah dilakukan sosialisasi oleh pemerintah

daerah.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di

Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, namun terbatas oleh kemampuan finansial.

Sebelumnya Sementara Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi KAN dan para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap, rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya.

Sementara terkait restorasi rumah gadang yang akan dilakukan secara gotong royong itu, Jalaludin menyebutkan para ninik mamak mendukung rencana itu.

Rumah Gadang di Kampung Adat Seribu Rumah Gadang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai homestay.

Penggiat pariwisata Sumbar Yulnofrins Napilus mengatakan, masyarakat Solok Selatan sangat antusias menunggu kedatangan Menteri PUPR.

"Masyarakat sangat mengharapkan Menteri PUPR bisa merekomendasikan peletakan batu pertama restorasi oleh Presiden Jokowi," katanya.(*)