Siswa asal Pariaman dikirim mengikuti Forum Pelajar ASEAN di Malaysia

id Forum Pelajar ASEAN

Siswa asal Pariaman dikirim mengikuti Forum Pelajar ASEAN di Malaysia

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan Tedi Pratama Putra bersama majelis guru SMAN 2 Pariaman. (foto humas)

Terpilihnya pelajar asal Kota Pariaman ke tingkat internasional, membuktikan Sumber Daya Manusia sektor pendidikan cukup mampu bersaing
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Salah seorang pelajar asal Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan dikirim mewakili provinsi setempat untuk mengikuti Forum Pelajar ASEAN yang diadakan di Malaysia pada 4 hingga 8 Februari 2018.

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Jumat, mengatakan Tedi Pratama Putra yang terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat telah mengalahkan sejumlah pelajar lainnya di provinsi itu.

"Terpilihnya pelajar asal Kota Pariaman ke tingkat internasional, membuktikan Sumber Daya Manusia sektor pendidikan cukup mampu bersaing," kata dia, usai menerima kunjungan pelajar asal SMAN 2 Pariaman tersebut.

Tedi Pratama Putra bersama 20 pelajar lainnya asal Sumatera Barat akan mengikuti Forum Pemuda ASEAN yang diadakan oleh Studec Internasional.

Ia mengatakan ikut sertanya pelajar asal provinsi tersebut di kancah internasional merupakan salah satu gerbang dalam berpikir global. Apalagi Indonesia telah tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak 2017.

"Indonesia sudah ikut serta menjalankan MEA, oleh karena itu masyarakat termasuk para pelajar harus juga siap menghadapi tantangan dan persaingan tersebut," ujarnya.

Ke depan Kota Pariaman akan mengupayakan berbagai kegiatan pemuda bertaraf internasional sehingga terjadi pertukaran pengetahuan yang dapat membangun daerah.

Selain itu pihaknya juga memberikan arahan kepada pelajar tersebut agar ikut serta mempromosikan berbagai keanekaragaman kebudayaan daerah itu.

Seperti sektor pariwisata bahari, kuliner khas daerah, even Pesta Budaya Tabuik yang dihelat secara rutin setiap tahunnya serta kegiatan lainnya, ujar dia.

Sementara itu Tedi Pratama Putra mengatakan akan berupaya menimba ilmu semaksimal mungkin selama mengikuti Forum Pelajar ASEAN tersebut.

"Saya merasa bangga bisa mewakili Sumatera Barat untuk Indonesia dalam kegiatan Forum Pelajar ASEAN, serta mengupayakan menimba ilmu sebaik mungkin di kegiatan tersebut," katanya. (*)