Warga mengantre gunakan teropong abadikan gerhana bulan di Bukittinggi

id gerhana bulan

Warga mengantre gunakan teropong abadikan gerhana bulan di Bukittinggi

Warga yang antusias bergantian hendak mengabadikan gerhana bulan total dengan memotret menggunakan ponsel melalui teropong dari BMKG Padang Panjang, Rabu (31/1). (ANTARA SUMBAR/ IraFebrianti)

Karena ingin dapat gambar yang bagus apalagi ini peristiwa langka, jadi ikut ambil foto lewat teropong. Kalau dari layar kurang terlihat jelas
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Warga di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengantre menggunakan teropong untuk mengabadikan gerhana bulan total yang berlangsung pada Rabu(31/1) malam.

Teropong tersebut merupakan peralatan yang dibawa oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Padang Panjang untuk mengamati peristiwa alam itu di pelataran Jam Gadang Bukittinggi.

Warga bergantian mengambil kesempatan untuk memotret menggunakan telepon genggam melalui teropong.

Selain teropong, BMKG juga menyediakan layar infocus agar proses gerhana bulan dapat disaksikan oleh warga yang memadati objek wisata itu.

"Karena ingin dapat gambar yang bagus apalagi ini peristiwa langka, jadi ikut ambil foto lewat teropong. Kalau dari layar kurang terlihat jelas," kata salah satu warga, Adil(19).

Agar tidak mengganggu posisi teropong, petugas dari BMKG membantu memotret melalui teropong menggunakan telepon genggam milik warga.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono mengatakan pengamatan gerhana bulan total yang dilakukan di pelataran Jam Gadang juga sebagai sarana edukasi bagi warga mengenai fenomena alam itu.

Proses gerhana sudah dimulai pada pukul 17.49 WIB di mana pada waktu itu terjadi kontak pertama kali antara bulan dan bayangan bumi.

Namun proses ini tidak dapat dilihat di wilayah Sumbar karena bulan baru terbit pada pukul 18.28 WIB.

Bayangan bumi akan terus menutupi bulan hingga kemudian mencapai puncak gerhana pada pukul 20.29 WIB.

Durasi gerhana mulai dari kontak pertama bulan dengan bayangan bumi hingga gerhana berakhir pada 23.09 WIB adalah lima jam 20 menit.

Sementara di lokasi berbeda, Shalat Khusuf dilaksanakan di masjid-masjid di daerah itu yang sebelumnyaa didahului oleh ceramah dan panduan pelaksanaan ibadah tersebut.

Di Bukittinggi, pemerintah setempat memusatkan Shalat Khusuf di Masjid Agung. (*)