Korem Wirabraja targetkan tanam jagung 10.000 hektare

id Jagung,Korem Wirabraja,Korem tanam jagung

Korem Wirabraja targetkan tanam jagung 10.000 hektare

Jagung. (ANTARA FOTO)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Komando Resor Militer (Danrem) 032 Wirabraja Sumatera Barat Brigjend TNI Mirza Agus siap mendukung Kabupaten Pasaman Barat, untuk meningkatkan produksi jagung di daerah itu. Untuk tahun ini, Korem Wirabraja menargetkan menanam jagung 10 ribu hektare.

"Kita siap bekerja sama dengan pemkab/pemkot se-Sumbar untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami jagung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Danrem 032 Wirabraja Brigjend TNI Mirza Agus saat mengunjungi Pasaman Barat, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya menargetkan penanaman jagung seluas 10 ribu hektare di Sumbar, salah satunya adalah di Pasaman Barat yang dikenal sebagai sentra jagung.

"Kita siap bekerja sama dengan Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan. Mudah-mudahan kita bisa membantu mengembangkan tanaman jagung selain kerja sama meningkatkan produksi padi melalui cetak sawah baru," katanya.

Menurutnya masyarakat harus bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada. Selain itu juga bekerja sama dengan perusahaan kelapa sawit sebab saat ini banyak perusahaan yang sedang melakukan peremajaan atau "replanting".

"Kita akan jajaki perusahaan sawit yang ada agar bersedia menanam jagung di lahan yang sedang peremajaan sebelum kelapa sawit beranjak besar," ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Pasaman Barat yang mampu merajuk beragam perbedan dengan kebersamaan sebab Pasaman Barat terdiri dari tiga etnis besar yakni Minang, Mandailing dan Jawa.

"Jadikan perbedaan sebagai pemersatu untuk membangun daerah. Mari tingkatkan kebersamaan demi memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Ia juga menegaskan dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2019 anggota TNI harus netral dan dilarang ikut berpolitik praktis dan berpihak kepada salah satu calon yang ada.

"Tugas kita adalah menjaga keamanan bersama Polri. Sinergisitas TNI/Polri akan terus ditingkatkan dalam segi apapun dalam rangka menjaga keamanan ketertiban masyarakat," tegasnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Syahiran menyambut baik atas kunjungan Danrem 032 Wirabraja Sumbar, Brigjend TNI Mirza Agus beserta rombongan di Pasaman Barat.

"Kita sudah sering bekerja sama dengan TNI terutama dalam rangka menjaga ketahanan pangan dengan program cetak sawah. Mudah-mudahan ke depannya akan semakin meningkat terutama meningkatkan budidaya jagung," harapnya.

Pihaknya juga akan terus meningkatkan sinergisitas antara Pemkab dengan TNI/Polri dalam rangka harmonisasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Mudah-mudahan menjelang tahun politik ini situasi keamanan di Pasaman Barat kondusif. Tentunya itu akan terwujud berkat kerja sama dan kebersamaan semua pihak," katanya.

Ikut serta menyambut kedatangan Danrem 032 Wirabraja Sumbar, Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat, Manus Handri dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pasaman Barat. (*)